We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.


Leave a comment

Gugurkan Kebiasaan Merokok di Bulan Puasa dengan CLDK

foto: corbisimages.com

                        foto: corbisimages.com

Kesehatan adalah salah satu modal utama untuk lancarnya ibadah puasa. Tapi banyak orang khawatir ketika puasa justru tubuhnya melemah karena kurang asupan makanan. Eits, untuk hal ini, kamu justru salah sangka! Puasa justru membuat badanmu lebih sehat apabila dijalankan dengan baik dan tetap dengan asupan nutrisi yang berkualitas, seperti yang pernah kami bahas pada topik sebelumnya di sini.

Selain membuat tubuh lebih sehat, berpuasa juga dapat membuat perilaku kita berangsur-angsur “bersih”,  salah satunya  “bersih” dari kebiasaan merokok.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok mengandung banyak sekali zat berbahaya bagi kesehatan, baik kesehatan si penghisap maupun kesehatan orang yang ada di sekitarnya. Karena alasan tersebut, banyak perokok yang berniat ingin berhenti merokok, namun belum berhasil menghentikannya akibat sudah kecanduan.

Apakah kamu adalah salah satu dari perokok yang ingin berhenti tersebut? Atau adakah keluargamu yang sudah menjadi perokok berat dan mempunyai niatan untuk berhenti?

Beruntunglah! Bulan Ramadan ini adalah waktu yang tepat untuk perokok memulai menghentikan kebiasaan merokok. Yuk mari petik manfaat puasa di bulan yang pernuh rahmat ini!

Untuk para perokok yang ingin menghentikan kebiasaan merokoknya di bulan puasa, teman-teman bisa mengikuti tahap2 dari @blognutrisi dengan metode CLDK, yang dijabarkan seperti di bawah ini:

Continue reading


Leave a comment

Health from Head to Toe Series Skin food, Nutrition for your Skin

skinfood

foto: shutterstock

 

 

“Glamour is about feeling good in your own skin”

Setujukah kamu dengan quote Zoe Saldana, si cantik dibalik tokoh Gamora dalam film Guardian of Galaxy ini?

Yes, everything about beauty mostly related with skin! Betapa tidak, kulit adalah organ terluar pada tubuh yang “membungkus” kita. Sama dengan organ lainnya, kulit juga mendapatkan nutrisi dari setiap makanan yang kita konsumsi. Pertanyaannya adalah, apakah makanan yang kamu makan cukup untuk menutrisi kulitmu? Ingat, kulit sehat adalah salah satu kunci untuk dapat “feeling good in your own skin”.

Nah, maka dari itu berikut rahasia dari @blognutrisi beberapa kandungan dalam makanan yang bisa kamu tambahkan ke menu makanan harian untuk memanjakan kulitmu:

  1. Polyphenol EGCG dalam teh hijau

teh hijau3

Bukan lagi rahasia bahwa teh hijau bermanfaat untuk kecantikan, tidak heran banyak sekali varian teh hijau pada produk kecantikan. Ternyata senyawa polifenol dalam teh lah rahasianya, senyawa ini dapat mencegah degradasi kolagen dan kerusakan akibat radiasi sinar UV. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol teh hijau yang diberikan secara topical (dioles) ataupun secara oral (diminum) dapat mencegah kanker kulit.

  1. Anthocyanidin dan Tannin dalam Delima, si buah merah esktosis

delima

Delima atau dikenal dengan Pomegranate, dibalik kecantikan rupanya ternyata  merupakan sumber kaya akan dua jenis senyawa polifenol, yaitu anthocyanidin dan tannin dan memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan yang kuat. Polifenol jenis tannin misalnya melindungi dari kerusakan akibat sinar UV.

  1. Resveratrol dalam anggur

manfaat nutrisi anggur merah

Resveratrol merupakan polifenol yang banyak ditemukan di kulit, biji anggur dan minuman anggur merah. Resveratrol memiliki sifat antioksidan yang kuat dan hasil studi menunjukkan pemberian secara topical dapat mencegah kanker kulit akibat radiasi sinar UV-B. Tidak heran ya kalau anggur adalah salah satu buah favorit Cleopatra dan menjadi sajian wajib raja dan ratu Romawi.

  1. Si mungil kedelai = Genistein

susu_kedelai

Kedelai bukan hanya sumber protein, si mungil ini juga merupakan sumber yang kaya akan flavonoids, yaitu genistein dan daidzein. Genistein memiliki efek antioksidan dan antikanker. Pemberian genistein dalam makanan meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di kulit. Genistein juga mencegah keriput (penuaan kulit) yang dipicu oleh sinar UV.

  1. Lycopene

lycopene

Sumber likopen: tomat, apricot, jambu biji, semangka, pepaya. Likopen memiliki aktivitas antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

  1. Cocoa flavanol

kakao_artikel

Pemberian minuman coklat yang kaya flavanol mengurangi sensitivitas kulit terhadap UV. Selain itu konsumsi flavanol cocoa dapat memperbaiki tekstur kulit, yaitu densitas, ketebalan, juga menjaga kelembapan kulit. Baik untuk kamu yang mendambakan kulit kenyal, sehat, dan lembut. Tapi ingat, berhati-hati dengan kadar lemak dan gula yang tinggi  pada minuman coklat di sekitar kita ya, pilih minuman coklat yang rendah gula dan lemak.

 

Sumber:

  1. Mukhtar A. 2006. Botanical Antioxidants in the prevention of photocarcinogenesis and photoaging. Experimental Dermatology 15: 182-190.
  2. Heinrich U et al. 2006. Long-term Ingestion of High Flavanol Cocoa Provides Photoprotection against UV-Induced Erythema and Improves Skin Condition in Women. J Nutr 136: 1565-1569.
  3. Clinton SK. 1998. Lycopene: chemistry, biology, and implications for human health and disease. Nutrition Reviews 56 (2): 35-51.
  4. WebMD, 2014.

 


Leave a comment

#NRCGrant : “Kabar gembira buat para akademisi dan peneliti di Indonesia”

Halo semua!

Dalam upaya menginspirasi hidup sehat, selain melalui @blognutrisi dan blognutrisi.wordpress.com. Kali ini Nutrifood Research Center mengadakan Nutrifood Research Grant yang bisa diikuti oleh para akademisi dan peneliti dari seluruh Indonesia.

Pasti pada penasaran kan detail kegiatan ini? Langsung aja yuk simak ulasan Nutrifood Research Grant atau yang kami sebut dengan #NRCGrant ini ya

Nutrifood-Research-Grant-Logo Continue reading


Leave a comment

Launching Buku “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan” by Nutrifood Research Centre & @blognutrisi

Coba tebak mana yang mitos dan mana yang fakta?

  • Makan seafood dan air jeruk dapat mengakibatkan kematian
  • Kebiasaan bergadang bisa menyebabkan diabetes
  • Tas ransel sekolah yang berat akan menghambat pertumbuhan
  • Memanaskan sayur bayam dua kali berbahaya
  • MSG dapat merusak otak

Yuk temukan jawabannya di sini…

101 mitos fakta

Segera terbit buku terbaru dari Nutrifood Research Centre bersama @blognutrisi

Judul                : Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan (full color)

Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama

Waktu  Terbit  : Pertengahan November 2014

 

Isi Buku:

Buku ini mengonfirmasikan kembali pernyataan-pernyataan kesehatan tersebut dengan menggali sumber tepercaya sebagai jawabannya. Dengan bersumber kepada sumber informasi yang paling dihargai di kalangan penikmat ilmu pengetahuan: jurnal ilmiah dari penerbit yang kredibel. Dilengkapi dengan ilustrasi bergambar, buku ini akan memberikan Anda informasi yang komprehensif, namun tetap dengan pendekatan yang menyenangkan.

Sesekali Anda pun akan tertawa geli melihat fakta dari pernyataan-pernyataan kesehatan yang dipercayai masyarakat sebagai kebenaran. Jadi, setiap kali ada yang bilang jangan makan cokelat karena bikin jerawatan, kini Anda sudah tahu jawabannya.


Leave a comment

Coming soon “Health from Head to Toe The series”

health from head to toe

“Tidur dengan contact lense masih terpasang? Aman gak ya?”
“Pakai high heels atau wedges ya supaya kaki tetap sehat?”
“Pakai topi, tetap sehatkah rambut saya?”

Berbagai pertanyaan seputar hal yang menempel ditubuh kita santer diajukan di twitter kami @blognutrisi. Maka dari itu Blognutrisi kini hadir dengan seri artikel terbaru yaitu “Health from Head to Toe the series”

Di sini kami akan mengungkap fakta ilmiah kesehatan dan nutrisi yang banyak orang belum mengetahuinya. Tentang apa ya kira-kira? Karena judulnya adalah “Health from head to toe” Topik berseri ini mengangkat fakta kesehatan anggota tubuh kita berikut juga aksesoris yang tertempel dan sering kita gunakan sehari-hari. Dari mulai perihal rambut bercabang, sampai tips perawatan sehat kuku jempol kaki.

So, bagi kalian yang penasaran? Nantikan seri artikel kami terbaru ini ya