We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Gugurkan Kebiasaan Merokok di Bulan Puasa dengan CLDK

Leave a comment

foto: corbisimages.com

                        foto: corbisimages.com

Kesehatan adalah salah satu modal utama untuk lancarnya ibadah puasa. Tapi banyak orang khawatir ketika puasa justru tubuhnya melemah karena kurang asupan makanan. Eits, untuk hal ini, kamu justru salah sangka! Puasa justru membuat badanmu lebih sehat apabila dijalankan dengan baik dan tetap dengan asupan nutrisi yang berkualitas, seperti yang pernah kami bahas pada topik sebelumnya di sini.

Selain membuat tubuh lebih sehat, berpuasa juga dapat membuat perilaku kita berangsur-angsur “bersih”,  salah satunya  “bersih” dari kebiasaan merokok.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok mengandung banyak sekali zat berbahaya bagi kesehatan, baik kesehatan si penghisap maupun kesehatan orang yang ada di sekitarnya. Karena alasan tersebut, banyak perokok yang berniat ingin berhenti merokok, namun belum berhasil menghentikannya akibat sudah kecanduan.

Apakah kamu adalah salah satu dari perokok yang ingin berhenti tersebut? Atau adakah keluargamu yang sudah menjadi perokok berat dan mempunyai niatan untuk berhenti?

Beruntunglah! Bulan Ramadan ini adalah waktu yang tepat untuk perokok memulai menghentikan kebiasaan merokok. Yuk mari petik manfaat puasa di bulan yang pernuh rahmat ini!

Untuk para perokok yang ingin menghentikan kebiasaan merokoknya di bulan puasa, teman-teman bisa mengikuti tahap2 dari @blognutrisi dengan metode CLDK, yang dijabarkan seperti di bawah ini:

1. Catat, ketika tekad untuk berhenti merokok sudah bulat, jangan malas untuk melakukan upaya ini, catat! Ya, catatlah waktu kapan saja kamu ingin merokok, tandai waktu dari mulai kapan waktu termudah hingga tersulit untuk menghindari aktivitas merokok. Mulai kurangi aktivitas merokok di waktu-waktu yang kamu tandai sebagai waktu termudah untuk menghindari aktivitas merokok.

2. Lebarkan Jarak antara aktvitas merokok yg satu dengan lainnya. Penting untuk diingat juga bahwa akan sangat membantu bagi kamu untuk berhenti merokok dengan melebarkan jarak waktu antara satu aktivitas merokok dengan yang lainnya. Misal bagi kamu yang biasa merokok 3 kali dengan jarak 1 jam (saat buka puasa (jam 6), lalu sebelum berangkat tarawih (jam 7) dan setelah salat tarawih (8)). Maka kamu bisa melebarkan jarak nya dengan menghisap rokok dengan selang 2 jam tanpa menambah jumlah rokok yang kamu hisap.

3. Distraksi, Alihkan keinginan merokok dengan pengalihan yang lebih positif seperti beribadah, atau mengaji.

4. Kurangi frekuensi nya, saat berpuasa adalah waktu yang paling ideal untuk kamu mengurangi frekuensi merokok, mungkin pada saat tidak berpuasa kamu bisa menghabiskan 7 batang rokok sehari, tapi saat di bulan pausa, pada saat siang hari kita menjalankan puasa maka tidak diperkenankan untuk merokok karena membatalkan puasa.

Biasanya saat berbuka puasa atau malam hari sebelum tidur adalah waktu melakukan balas dendam untuk menghisap rokok. Bulatkan tekad untuk tidak melakukan balas dendam sehingga rokok jumlahnya berkurang mengikuti kondisi.

Sumber:

  1. White Martin, et al. Quitting smoking and experience of smoking cessation interventions among UK Bangladeshi and Pakistani adults: the views of community members and health professionals. J Epidemiology Community Health2006;60:405-411 doi:10.1136/jech.2005.040345
  2. Ghouri N, Atcha M, Sheikh A. Influence of Islam on smoking among Muslims.BMJ : British Medical Journal. 2006;332(7536):291-294.
  3. Ramadhan Health guide. London. 2007
Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s