We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

“RAMADHAN! TINGKATKAN KUALITAS MAKANAN BUKAN KUANTITAS!”

Leave a comment

Puasa Ramadhan dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang loh. Tetapi jika pola makan sehat tidak diikuti, justru bisa saja memperburuk kondisi kesehatanmu! Tentunya, pola makan sehat yang dimaksud adalah pola makan yang kamu lakukan di jam non puasa, terutama saat sahur dan berbuka puasa.

Banyak kesalahpahaman terjadi bahwa ketika puasa kita harus “menabung” makanan lebih banyak di jam-jam non puasa, padahal yang perlu diperhatikan saat puasa adalah kualitas makananya bukan kuantitas. Dari segi jumlah makanan, sebetulnya tidak berbeda dengan porsi makanan di hari-hari biasanya, namun harus bisa dipastikan bahwa nutrisinya lengkap.

Berikut adalah beberapa tips “nutrition hacks” yang dapat kamu terapkan ketika Ramadan untuk meningkatkan kualitas makanmu!

  1. Makanan yang harus ada di piringmu

Sumber karbohidrat berkualitas

selama bulan Ramadhan, kamu harus meningkatkan kualitas makanan sumber karbohidrat dengan memilih sumber karbohidrat yang lebih tinggi serat dan lebih rendah nilai glikemik indeks, seperti: oat dan nasi merah. Coba campurkan ke nasi putih di rice cooker, enak dan sehat!

forto: www.berkeleywellness.com

                                 foto: http://www.berkeleywellness.com

foto: serotech.com.my

               foto: serotech.com.my

Sumber protein yang mencukupi

Selama bulan Ramadhan asupan protein harus diperhatikan guna menghindari pengikisan otot di tubuh. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 50-60 gram protein. Sumber protein yang cocok untuk puasa adalah casein, yang banyak terdapat di susu. Protein jenis ini dapat diserap secara perlahan sehingga bisa menjadi cadangan asupan protein selama 1 hari puasa.

foto: zipfitclub.co.id

                                                  foto: zipfitclub.co.uk

Buah dan sayur setiap waktu

Pastikan selalu ada buah dan sayuran di menu buka puasa dan sahur. Kenapa? Asupan buah dan sayur membantu system pencernaan kenyang lebih lama selama berpuasa, selain itu menjaga asupan mikronutrien vitamin dan mineral sehingga kamu tidak lemas di siang hari.

Jangan bosan minum air putih

Air putih hukumnya wajib selama kamu berpuasa, kenapa? Karena dengan memastikan asupan air cukup maka kamu terhindar dari risiko dehidrasi selama puasa.

 

  1. Makanan yang sebaiknya dihindari

Untuk meningkatkan kualitas makanan selama puasa sebaiknya kamu menghindari beberapa makanan yang sifatnya termasuk beberapa list di bawah ini:

Hindari Goreng menggoreng

Makanan dengan proses memasak digoreng secara “deep fried” seperti French fries, gorengan sangat tinggi lemak jenuh yang membuat asupan nutrisi tidak seimbang dan meningkatkan risiko kegemukan.

foto: hawkinscooker.com

foto: hawkinscooker.com

Processed Food hanya sebagai aksesoris di piring

Makanan yang telah terproses biasanya tinggi garam dan rendah protein, vitamin, dan mineral.

Maka dari itu jangan jadikan makanan terproses sebagai lauk utama, cukup jadikan sebagai lauk tambahan saja dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Lengkapi dengan “puasa ngopi”

Selama puasa juga sebaiknya menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein sepeti teh, kopi, dan minuman soda. Mengapa? Karena minum tinggi kafein bersifat diuretik dan bisa membuatmu lebih dehidrasi di keesokan harinya.

Sumber:

NHS. Ramadhan Health guide. London. 2007

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s