We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Introducing: Brown Rice

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Halo pembaca setia blognutrisi, tahukah kalau beras merah memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh? Mungkin ada di antara kita yang berpersepsi kurang baik terhadap beras merah karena penampilan warnanya yang terlihat kusam dan terkesan ‘kurang bersih’. Tapi, tunggu dulu… Don’t judge the book by it’s cover!

Beras merah sesungguhnya bukanlah beras berwarna merah, tetapi sama dengan beras putih pada umumnya, hanya berbeda dalam tahapan prosesnya. Pada proses beras putih, beras digiling sehingga kulit arinya lepas; sementara proses beras merah umumnya hanya ditumbuk sehingga kulit arinya tak banyak yang hilang. Nah di dalam kulit arilah yang sebenarnya menyimpan banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kita ketika mengkonsumsinya.

Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi beras merah antara lain [1] [2] [3] :

  1. Melancarkan serta menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda karena tingginya kandungan serat
  2. Membantu mencegah diabetes dan juga kegemukan karena beras merah dicerna lebih lambat oleh tubuh dibanding beras putih sehingga Anda pun tidak akan cepat terasa lapar.
  3. Tingginya kandungan magnesium juga membantu tersimpannya cadangan energi tubuh lebih banyak dan lebih lama sehingga Andapun tidak akan cepat terasa lelah.
  4. Membantu menurukan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.
  5. Kandungan vitamin B1, B3, dan B6 nya 50% lebih besar dibandingkan beras putih.

Sekilas tabel berikut ini memperlihatkan perbandingan nutrisi antara beras putih dan beras merah [3][4].

Nutrisi per 200 g

(1 cup)

Beras Merah Beras Putih
Kalori kkal 222 260
Protein gr 6 6
Karbohidrat gr 46 56
Serat Makanan gr 4 1
Omega 3 mg 28 26
Omega 6 mg 618 124
Magnesium mg 86 24
Mangan mg 2 1
Fosfor mg 166 86

Nah terlihat bukan bahwa beras merah lebih sehat dibandingkan beras putih? Oleh karena itu, ayo perlahan-lahan mulai coba konsumsi beras merah. Jika Anda belum pernah mencoba nasi merah sebelumnya, kini saat yang tepat untuk memulai. Anda bisa mengawalinya dengan mencampur sebagian nasi putih dengan nasi merah dalam porsi yang lebih banyak. Perlahan tapi pasti, Anda akan terbiasa dan menyukainya.

Selamat menikmati makan Anda!

Be healthy, Be happy with Brown Rice~

REFERENCES

[1] George Mateljan Foundation. 2009. Brown Rice. http://www.whfoods.com/genpage.php? tname=foodspice&dbid=128. [12 March 2009].

[2]  Most MM, Tulley R, Morales S, Lefevre M. 2005. Rice bran oil, not fiber, lowers cholesterol in humans. Am J Clin Nutr 81(1):64-68.

[3]   University of Sydney. 2009. The GI Diet Guide. http://www.the-gi-diet.org/lowgifoods/ [12 March 2009].

[4]  Nutrition Facts. 2009. Nutrition Data, Rice. http://www.nutritiondata.com/facts/cereal-grains-and-pasta/5712/2 [12 March 2009]

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s