We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Cek Gula Darah Ribet? Udah ‘Gak Zaman!

Leave a comment

cek guldar

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, ditemukan bahwa 2 dari 3 orang penderita diabetes tidak tahu bahwa dirinya menderita diabetes. Kondisi “ketidak-tahuan” ini sangat memprihatinkan karena bisa saja menyebabkan mereka masih tetap menjalani gaya hidup yang tidak sehat, misalnya banyak konsumsi makanan bergula, berlemak, dll. Hal ini tentunya bisa memperparah kondisi diabetes yang mereka miliki. Mungkin juga teman-teman sudah tahu bahwa diabetes adalah biang dari segala penyakit, karena seseorang dengan diabetes yang tidak dijaga, akan meningkatkan resiko terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, kebutaan, dan penyakit komplikasi lainnya. Tentunya, selain membutuhkan biaya yang besar, juga membutuhkan bank emosi yang besar untuk menghadapinya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui status diabetes seseorang? Jawabannya mudah, yaitu CEK GULA DARAH SEDINI MUNGKIN!

Sekarang, penderita diabetes di Indonesia sudah semakin tinggi, Federasi Diabetes Internasional pada tahun 2014 menyatakan Indonesia sekarang menjadi Negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak ke5 di dunia. Selain jumlahnya semakin banyak, penderita diabetes juga makin lama makin ke usia muda. Oleh karena itu, penting sekali cek gula darah dilakukan sedini mungkin!

Bagaimana melakukan cek gula darah?

MUDAH, Anda bisa mengunjungi rumah sakit, klinik-klinik kesehatan, atau laboratorium terdekat di rumah Anda. Terkadang, apotik-apotik tertentu di mall-mall atau pusat perbelanjaan juga menyediakan jasa layanan cek gula darah. Bahkan, teman-teman bisa membeli sendiri alat cek gula darah, jika memang sangat diperlukan untuk keluarga teman-teman. Biayanya pun cukup terjangkau tergantung jenis gula darah yang teman-teman periksa.

Apa saja jenis cek gula darah yang bisa teman-teman lakukan?

  1. Cek gula darah sewaktu/sesaat
  • Tes gula darah sewaktu/sesaat mengukur kadar gula darah tanpa harus melakukan puasa terlebih dahulu, dan memang tes gula darah ini adalah tes yang paling terjangkau harganya. Biasanya sekitar Rp. 10.000,- per uji.
  • Tes ini dapat dijadikan indikasi awal (screening) untuk mengetahui status gula darah teman-teman
  • Jika hasil tes berada di kisaran 60-140 mg/dl, kamu boleh lega karena itu tandanya kamu memiliki kadar gula darah yang baik. Terus pertahankan nilai tersebut dengan pola makan yang sehat dan aktivitas fisik!
  • Jika hasil tes berada di kisaran 140-199mg/dl, berarti kadar gula darahmu sudah tinggi. Apakah ini artinya kamu sudah terkena diabetes? Bukan, kisaran ini artinya kamu masuk ke kelompok prediabetes, kamu harus lebih berhati-hati lagi dan mulai mengubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat.
  • Jika hasil tes berada di atas 200 mg/dl, Kadar gula darahmu sudah memasuki angka ini kamu harus sangat berhati-hati, karena pada kisaran ini kamu sudah bisa dikelompokkan sebagai orang-orang yang sudah diabetes. Tapi jangan khawatir, apabila kamu memang sudang memasuki Kadar gula darah >200 silahkan konsultasi ke dokter dan dengan pola hidup sehat dan treatment yang tepat kamu tetap bisa memiliki kualitas hidup seperti orang pada umumnya J
  1. Cek gula darah puasa
  • Cek gula darah puasa mengukur kadar gula darah setelah kamu berpuasa selama 8-12 jam.
  • Untuk melakukan tes ini, biasanya kamu diminta untuk mengonsumsi makanan seperti biasa, tanpa perlu mengubah pola makan selama 2 – 3 hari, sebelum berpuasa.
  • Tes ini dapat dijadikan indikasi apakah kamu memiliki gangguan dalam pengaturan kadar gula darah atau tidak.
  • Jika hasil tes berada di kisaran 60-99 mg/dl, kamu boleh lega karena itu tandanya kamu masih memiliki kontrol gula darah yang baik. Terus pertahankan nilai tersebut dengan pola makan yang sehat!
  • Jika hasil tes berada di atas 100 mg/dl, Anda perlu hari-hati karena kontrol gula darah Anda terganggu. Segera konsultasi ke dokter sebelum terjadi komplikasi yang tidak diinginkan.

Nah, sebagai tahap awal deteksi kamu bisa menggunakan kedua tes ini, jika hasilnya perlu dikonfirmasi ulang, teman-teman bisa meminta untuk uji HbA1c, ini merupakan parameter gula darah yang paling akurat, dan teman-teman bisa minta ini di klinik, laboratorium, atau rumah sakit terdekat. Tidak usah menunggu sampai usia kamu sudah memasuki kepala 3 baru kamu ingin mengeceknya, ingat! Kini Diabetes is getting younger! Semakin dini kamu mengecek, semakin dini juga kamu bisa mencegah dan mengatasinya J

Oleh karena itu, mari mulai cek gula darah sejak dini~ supaya generasi muda kita tetap lebih sehat dan tentunya, supaya gak ketinggalan zaman!

Sumber:

  • American Diabetes Association (ADA) Checking Your Blood Glucose 2012
  • Persatuan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) 2012
  • RISKESDAS, 2013
  • International Diabetes Federation, 2014
Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s