We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Bukan sekedar Rock n’ Roll

Leave a comment

Queen. Bon Jovi. Green Day. The Academy Is… Anda tahu siapa mereka? Para penyuka musik rock pasti kenal betul mereka. Ya, musik rock—dan Heavy Metal—adalah musik-musik yang digandrungi banyak orang, terutama para remaja dan dewasa muda. Namun, apakah rock hanya sekedar musik?

Bagi para penikmatnya, rock bukan hanya musik; rock adalah gaya hidup. Dan pecandu musik rock identik dengan kekerasan, neurotik, pesimistis, bahkan dorongan untuk self injury dan suicidal tendency. Tapi, penelitian yang dilakukan North dan Hargreaves pada tahun 2005 dan 2006 menyebutkan, pelabelan musik rock sebagai musik keras-lah yang menyebabkan penyimpangan perilaku seperti di atas, dan bukan pengaruh musiknya. Menariknya lagi buku berjudul Sex, Genes, and Rock n’ Roll mencantumkan karakteristik penyuka musik rock sebagai orang yang terbuka, aktif, dan cerdas dalam pikiran maupun kata-kata. Bagaimana menurut Anda?

Musik rock, bila Anda adalah penyukanya, adalah teman olahraga yang baik. Mendengarkan musik rock selama treadmill, misalnya, bisa membuat kita berlari lebih lama dibanding tidak diiringi musik. Itu karena langkah kaki kita tersinkronisasi dengan ketukan lagu dan hal itu membuat kita lebih lama merasa lelah.

Namun tentunya, hati-hati dengan volume suara saat mendengarkan musik. Bagi penggila musik rock, datang ke konser grup band idaman adalah kewajiban. Namun, rata-rata kebisingan suara di konser musik rock adalah 100 desibel, dan suara sebising itu hanya bisa ditoleransi selama satu setengah jam perminggu. Kurang lama? Gunakan earplug untuk memblok sebagian suara bising sehingga telinga tetap sehat.

Jadi? Keep on rocking, teman!

 

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s