We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Noodles’s Secret: Wax si Keriting, mitos atau fakta?

Leave a comment

wax si keriting

Sumber gambar: jadiberita.com

Enak, gurih, cepat disajikan, keriting bentuknya. Siapa yang tak mengenalnya? ya dia lah si popular, Mie instan. Namun, seiring dengan kepopuleran si keriting ini, banyak isu kesehatan yang muncul, salah satunya kekhawatiran bahwa mie instan mengandung lapisan lilin. Lapisan lilin ini dipercaya dapat membuat mie instan bertahan lebih lama. Benarkah hal tersebut?

Mari kita telisik beberapa fakta ilmiahnya ya.

Pada beberapa studi, sama sekali tidak ditemukan penggunaan lilin dalam langkah-langkah pembuatan mie instan. Selain itu, tidak ada kaitan antara lilin dengan ketahanan mie lebih lama. Agar bertahan lebih lama, di dalam pembuatan mie instan digunakan metode penggorengan hingga kering (deep fried). Namun, justru dari proses penggorengan inilah yang membuat mie instan kaya akan lemak jenuh dan tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu ada alasan lain yang mendukung mie instan mengandung lilin adalah untuk menghindari mie instan dari keadaan lengket antara satu helai mie dengan yang lainnya ketika disajikan.

Tentunya alasan tersebut juga tidak memiliki landasan ilmiah. Mie instan mengandung minyak nabati yang tinggi (palm oil) baik pada saat digoreng, maupun pada bumbu mie instan tersebut. Palm oil menyebabkan mie instan tidak lengket ketika disajikan. Apabila lilin digunakan sebagai zat anti lengket tentunya tidak masuk akal, karena lilin tersebut akan mencair pada suhu ketika mie instan dipanaskan.

Jadi benarkah mie instan mengandung lilin? Sekali lagi, isu tersebut hanya mitos belaka. Lilin/wax tidak terkandung dalam si keriting ini ya.

 

Sumber :

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s