We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Health from Head to Toe Series Skin food, Nutrition for your Skin

Leave a comment

skinfood

foto: shutterstock

 

 

“Glamour is about feeling good in your own skin”

Setujukah kamu dengan quote Zoe Saldana, si cantik dibalik tokoh Gamora dalam film Guardian of Galaxy ini?

Yes, everything about beauty mostly related with skin! Betapa tidak, kulit adalah organ terluar pada tubuh yang “membungkus” kita. Sama dengan organ lainnya, kulit juga mendapatkan nutrisi dari setiap makanan yang kita konsumsi. Pertanyaannya adalah, apakah makanan yang kamu makan cukup untuk menutrisi kulitmu? Ingat, kulit sehat adalah salah satu kunci untuk dapat “feeling good in your own skin”.

Nah, maka dari itu berikut rahasia dari @blognutrisi beberapa kandungan dalam makanan yang bisa kamu tambahkan ke menu makanan harian untuk memanjakan kulitmu:

  1. Polyphenol EGCG dalam teh hijau

teh hijau3

Bukan lagi rahasia bahwa teh hijau bermanfaat untuk kecantikan, tidak heran banyak sekali varian teh hijau pada produk kecantikan. Ternyata senyawa polifenol dalam teh lah rahasianya, senyawa ini dapat mencegah degradasi kolagen dan kerusakan akibat radiasi sinar UV. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol teh hijau yang diberikan secara topical (dioles) ataupun secara oral (diminum) dapat mencegah kanker kulit.

  1. Anthocyanidin dan Tannin dalam Delima, si buah merah esktosis

delima

Delima atau dikenal dengan Pomegranate, dibalik kecantikan rupanya ternyata  merupakan sumber kaya akan dua jenis senyawa polifenol, yaitu anthocyanidin dan tannin dan memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan yang kuat. Polifenol jenis tannin misalnya melindungi dari kerusakan akibat sinar UV.

  1. Resveratrol dalam anggur

manfaat nutrisi anggur merah

Resveratrol merupakan polifenol yang banyak ditemukan di kulit, biji anggur dan minuman anggur merah. Resveratrol memiliki sifat antioksidan yang kuat dan hasil studi menunjukkan pemberian secara topical dapat mencegah kanker kulit akibat radiasi sinar UV-B. Tidak heran ya kalau anggur adalah salah satu buah favorit Cleopatra dan menjadi sajian wajib raja dan ratu Romawi.

  1. Si mungil kedelai = Genistein

susu_kedelai

Kedelai bukan hanya sumber protein, si mungil ini juga merupakan sumber yang kaya akan flavonoids, yaitu genistein dan daidzein. Genistein memiliki efek antioksidan dan antikanker. Pemberian genistein dalam makanan meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di kulit. Genistein juga mencegah keriput (penuaan kulit) yang dipicu oleh sinar UV.

  1. Lycopene

lycopene

Sumber likopen: tomat, apricot, jambu biji, semangka, pepaya. Likopen memiliki aktivitas antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

  1. Cocoa flavanol

kakao_artikel

Pemberian minuman coklat yang kaya flavanol mengurangi sensitivitas kulit terhadap UV. Selain itu konsumsi flavanol cocoa dapat memperbaiki tekstur kulit, yaitu densitas, ketebalan, juga menjaga kelembapan kulit. Baik untuk kamu yang mendambakan kulit kenyal, sehat, dan lembut. Tapi ingat, berhati-hati dengan kadar lemak dan gula yang tinggi  pada minuman coklat di sekitar kita ya, pilih minuman coklat yang rendah gula dan lemak.

 

Sumber:

  1. Mukhtar A. 2006. Botanical Antioxidants in the prevention of photocarcinogenesis and photoaging. Experimental Dermatology 15: 182-190.
  2. Heinrich U et al. 2006. Long-term Ingestion of High Flavanol Cocoa Provides Photoprotection against UV-Induced Erythema and Improves Skin Condition in Women. J Nutr 136: 1565-1569.
  3. Clinton SK. 1998. Lycopene: chemistry, biology, and implications for human health and disease. Nutrition Reviews 56 (2): 35-51.
  4. WebMD, 2014.

 

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s