We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Health from Head to Toe ‘High heels Series’

Leave a comment

cara-memakai-sepatu-hak-tinggi

foto: designsnext.com

 

Cantik adalah keharusan bagi kaum wanita. Bagaimana tidak? Hal inilah yang membuat seorang wanita menjadi percaya diri. Namun, alangkah tidak nyaman jika kecantikan ini harus dijalani dengan jalan yang menyakitkan, bukan?

Seringkali para wanita mengesampingkan kenyamanan dan bahkan rela sakit untuk mendapatkan kecantikan yang diinginkan. Sebagai contoh, wanita pada umumnya lebih suka menggunakan high heels dalam kesehariannya supaya kaki tampak lebih indah dan menawan. Padahal, selain tidak nyaman, ternyata penggunaan high heels dalam waktu lama dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan jangka panjang loh! Berikut adalah fakta kesehatan dibalik high heels.


Terbiasa menggunakan high heels

Menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa pemakaian high heels dalam waktu lama dapat menyebabkan otot betis menegang dan akan terasa sakit ketika high heels dilepas dan diganti dengan sepatu atau sandal datar.
Selain hal di atas, penggunaan high heels dalam waktu lama juga dapat meningkatkan risiko cedera pergelangan kaki, mata kaki, kerusakan Archilles tendon kronis hingga deformitas tulang kaki (American Osteopathic Association).

Fakta di atas memunculkan pertanyaan apakah wanita sebaiknya dilarang menggunakan high heels? Jawabannya adalah bisa iya atau bisa juga tidak. Hal ini bergantung pada bentuk high heels yang dipakai dan lama pemakaiannya. Sebuah study menunjukkan bahwa high heels yang aman adalah yang tidak melebihi 10 cm (WebMD, 2014). Dan semakin lama waktu pemakaian high heels, maka semakin memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

High heels adalah salah satu fashion yang tidak bisa lepas dari kodrat seorang wanita. Untuk itu, apa solusi untuk mereka khususnya yang terbiasa menggunakan high heels dalam waktu lama setiap harinya? Yuk simak jawabannya di bawah ini!

Solusi bagi wanita pecandu high heels

gambar exercise

Bagi wanita yang sering mengenakan high heels lebih dari 5 jam sehari selama 6 kali dalam seminggu, sebaiknya melakukan latihan peregangan otot betis dan pergelangan kaki seperti pada gambar di atas. Latihan ini dapat mengurangi rasa sakit pada kaki ketika melepaskan high heels dan berganti dengan sepatu atau sandal datar.

Contoh peregangan ringan yang dapat dilakukan adalah menaikkan kedua tumit kaki dan menahannya selama 1-2 menit dan kemudian diulang beberapa kali. Peregangan ini tidak membutuhkan banyak waktu dan alat sehingga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun di sela-sela rutinitas kita sehari-hari.

Peregangan lain yang sedikit lebih berat yang bisa dilakukan misalnya adalah melakukan lompat tali selama beberapa menit untuk meregangkan betis. Dalam melakukan peregangan ini memang dibutuhkan sedikit usaha untuk meluangkan waktu. Namun, alangkah baiknya jika hal ini dapat dilakukan setidaknya 30 menit setiap harinya karena selain untuk meregangkan betis, lompat tali juga merupakan salah satu aktivitas fisik intensitas sedang yang dapat menjaga kebugaran tubuh.

Dengan memperhatikan beberapa hal dalam penggunaan high heels dapat menurunkan risiko cedera dan gangguan kesehatan yang menghantui. Sehingga bisa tetap tampil percaya diri dengan sepatu menawan favoritmu tanpa ada risiko gangguan kesehatan yang mengerikan.

Stay fabulous! Don’t worry be healthy!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s