We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Airfryer dan si “Pecinta” Gorengan, Kawan atau Lawan?

Leave a comment

foto: coachcalorie.com

 

 

Anda penyuka gorengan? Tapi anda khawatir akan dampak buruk kesehatan yang  ditimbulkan dari mengonsumsi nya?

menggoreng adalah proses memasak bahan makanan dengan menggunakan minyak goreng sebagai media penghantar panas. Makanan yang digoreng mempunyai cita rasa khas gorengan yang disukai konsumen, khususnya orang Indonesia. Selain itu proses memasak dengan cara goreng banyak dipilih karena praktis dan cepat.

Namun sayang, proses memasak dengan cara digoreng menimbulkan banyak dampak buruk terhadap kesehatan dari mulai menaikan asupan lemak jenuh dan lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah sampai perihal radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Beberapa waktu yang lalu cukup santer berdar iklan baik di televise atau media online tentang produk yang disebut dengan airfryer, di mana kita dapat membuat “gorengan” tanpa harus menggorengnya. Mungkin ada diantara sahabat blognutrisi yang juga pernah mendengar tentang produk ini atau bahkan sudah memilikinya. Bagaimana produk makanan yang dihasilkan apabila dilihat dari segi kesehatan? Yuk kita bahas 🙂 

 

contoh bentuk airfryer

contoh bentuk airfryer (foto: munchministry.com)

 

  1. Menggoreng tanpa minyak

Airfryer menggunakan metoda aliran udara panas (sedikit mirip dengan konsep oven) untuk memanaskan makanan di dalamnya, apakah benar-benar tidak pakai minyak? Faktanya beberapa makanan masih perlu menggunakan minyak untuk memasaknya di dalam airfryer, hanya saja memang minyak yang dibutuhkan dapat menjadi lebih sedikit.

Nah, dari segi kesehatan makanan yang dihasilkan bagaimana? Contoh perbandingan dada ayam goreng tepung yang dimasak dengan deep fried dan dimasak dengan airfryer

perbandingan

Jumlah minyak saat memasaknya memang berdampak kepada kualitas gizi makanan tersebut, dibandingkan dengan deep fried cukup jauh kandungan lemak jenuh dari makanan hasil menggoreng dengan airfryer. Selain itu dengan mengurangi jumlah minyak saat memasak,dapat menurunkan juga risiko dari adanya radikal bebas akibat penggunaan minyak berulang yang biasa dipakai untuk menggoreng dengan deep fried.

  1. Rasa gorengan yang dihasilkan kurang nendang

Memang dari segi rasa, gorengan yang dibuat dengan deep fried dapat memiliki tekstur yang lebih crunchy dan crispy. Berbeda dengan ketika memasak menggunakan airifryer,  terkadang tekstur makanan tidak crispy dan warna coklatnya tidak merata. Ternyata, ini tergantung dari bahan makanan yang kita pakai, contohnya ketika membuat French fries, usahakan jangan memakai bahan yang masih basah atau masih membeku.

Memasak dengan airfryer dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin mengurangi asupan kalori total dan mengurangi asupan lemak jenuh. Namun, masalah rasa, tergantung preferensi yaaaa hehehe karena beberapa masakan yang dihasilkan dari si airfryer ini tidak serenyah hasil penggorengan dengan deep fried.

Nah apakah masih bisa tetap sehat konsumsi makanan digoreng tanpa alat airfryer? Jawabannya tentu bisa! Kalau masih “keukeuh” ingin menggoreng

  • Gunakan minyak seminimal mungkin!
  • Pilihlah stir fried dibanding deep fried!
  • Jangan gunakan minyak secara berulang!

 

 

source:

 

  • Che Man YB, Wan Hussin WR. 1998. Comparison of the frying performance of refined, bleached, and deodorized palm olein and coconut oil. Journal of Food Lipids 5: 197 – 210.
  • Sahin S, Sumnu SS (eds). 2009. Advances in Deep-Fat Frying of Foods. CRC Press, Boca Raton.
Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s