We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Melow Melow bikin Gemuk

Leave a comment

Apakah kamu bermasalah dengan kebiasaan makan mu?

Apakah kamu selalu makan ketika merasa kesal, sedih, kesepian, atau stress bahkan walaupun kamu tidak sedang lapar?

emotional-eater

foto: bingeeatingtherapy.com

 

 

Kondisi demikian yang biasa disebut emotional eater atau stress eater. Emotional eater adalah kondisi di mana aktivitas makan yang kamu lakukan bukanlah karena stimulus lapar dari tubuh, melainkan dikarenakan stimulus emotional seperti sedih, kecewa, kesepian, atau depresi. Makanan biasanya menjadi pelampiasan dari perasaan tersebut.1

Jika kamu adalah salah satunya, kamu tidak sendirian kok. Salah satu sahabat admin blognutrisi pun ada yang mengalaminya, dan kondisi ini cukup membuatnya pusing tujuh keliling, kenapa tidak? tak jarang seorang emotional eater seakan terjebak di lingkaran setan

(penambahan berat badan membuatnya stress, dan ketika stress dia akan melampiaskannya dengan makan, dan akhirnya berat badannya semakin bertambah, dan dia kembali stress, lalu makan lebih banyak untuk melampiaskannya, begitu seterusnya).

Di sini kami akan share apa saja tips yang pernah admin bagikan kepada teman admin si emotional eater. Mungkin kamu juga bisa mencobanya

  1. Pergi keluar ketika kamu merasa down. Berdiam diri di kamar hanya akan membuatmu lebih stress dan membuatmu makan lebih banyak
  2. Olahraga! Lampiaskan lah kekesalanmu dengan pergi ke pusat kebugaran atau mengajak temanmu latihan Zumba, selain mengurangi aktivitas emotional eating kamu, olah raga juga bisa meningkatkan beta endorfin yang menumbuhkan kembali rasa bahagia.
  3. Ganti isi toples camilan snack tidak sehat kamu dengan potongan buah, taruh persediaanmu di lemari pendingin. Ketika kamu merasa depresi maka bersiaplah mendapat asupan vitamin dan serat yang tinggi.
  4. Mengunyah permen karet. Tips ini yang paling praktis dilakukan. Ketika kamu stress dan merasa ingin memakan satu gallon ice cream vanilla, mengunyah permen karet rasa vanilla memberikanmu rasa ice cream tanpa asupan kalori yang berlebihan. Sediakan berbagai variasi rasa permen karet supaya semakin banyak peralihanmu dari emotional eatingmu akan berbagai jenis makanan.
  5. Berceritalah dengan sahabat atau keluarga. Kamu bisa membicarakan terkait stress mu atau hanya berbincang-bincang saja untuk melupakannya. Selain mengurangi asupan makanan, berbincang dengan sahabat atau keluarga bisa sedikit menyembuhkan rasa kekecewaanmu.

So, jangan sedih apabila kamu adalah seorang emotional eater, karena bahagia justru adalah salah satu obatnya bukan? J

Referensi:

  1. Macht M et al. Emotions and Eating in Everyday Life. Published online at http://www.idealibrary.com
  2. National Heart Foundation of Australia. 2007. Physical Activity and Depression. National Heart Foundation of Australia
  3. http://www.webmd.com/a-to-z-guides/emotional-eating-topic-overview
Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s