We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Penyuka Car Free Day Wajib Baca

Leave a comment

Picture from here

Picture from here

Kamu anak gaul yang suka berolahraga? Berarti kamu pasti sering ke car free day. Nah, dalam artikel kali ini, yuk kita berhitung berapa kalori yang kamu bakar selama berolahraga di ajang car free day! Siapkan kertas, pulpen, dan dan kalkulator bila perlu. Yuk kita mulai!

Pertama-tama, kamu harus tahu berat badanmu saat ini. Mengapa? Karena, jumlah Kalori yang dibakar berhubungan erat dengan berat badan seseorang. Jadi, catatlah berapa Kg berat badanmu di kertas tersebut.

Sudah? Berikutnya, olahraga apa yang biasanya kamu lakukan saat car free day? Apakah jogging? Jalan cepat? Atau bersepeda? Setiap olahraga memiliki “nilai” masing-masing, umum dikenal sebagai Metabolic Equivalent, atau MET. Nah, cocokkan olahraga yang kamu lakukan dengan nilai MET di bawah ini:

Jogging 7,0
bersepeda 7,5
Dogwalking 3,0
Jalan cepat 4,3
Jalan santai 3,5

Hal berikutnya yang harus kamu tahu adalah berapa lama kamu melakukan gerakan olahraga? Apakah 30 menit? Satu jam? Catatlah juga dalam kertasmu. Oh ya, waktu ngobrol sama teman-teman atau duduk-duduk sambil ngeceng di pinggir jalan tidak dihitung, ya.

Sudah? Sekarang hitung total kalori yang kamu bakar dengan rumus seperti di bawah:

Kalori

Rumus dari sini: Med. Sci. Sports Exerc., 32(9 suppl): S498-S516, 2000.

Misalkan kamu memiliki berat badan 50 Kg dan bersepeda selama setengah jam. Berapa Kalori yang sudah kamu keluarkan? Ya, benar, kamu telah membakar kira-kira 187,5 Kalori.

Yup. Itulah perkiraan kasar total kalori yang kamu bakar selama car free day. Tapi, jangan lupakan juga dengan makanan/minuman yang kamu makan selama/setelah berolahraga. Berikut adalah jenis jajanan yang mungkin kamu temukan selama car free day dan gambaran kasar kalori perporsi:

Air Mineral 0 Kal
Minuman botolan 96 – 124 Kal (perbotol)
Slurpee 65 Kal (ukuran kecil)
Bubur Kacang Ijo 244 Kal
Bubur Ayam 211 Kal
Gorengan 140 Kal (perpotong)
Ketoprak 612 Kal
Siomay 105 Kal (perpotong)

Bisa jadi, Kalori yang kamu bakar setelah berlari langsung tergantikan oleh dua potong bakwan yang kamu beli di pinggir jalan. Sayang, kan?

Begitulah ceritanya. Semoga, melalui postingan ini, kamu bisa berolahraga lebih optimal saat car free day. Sampai ketemu di postingan kami selanjutnya, ya!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s