We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos Seputar Buah dan Sembelit

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Sembelit memang bukan gangguan kesehatan, namun kedatangannya seringkali mengganggu. Rasa begah dan kembung yang datang bersamaan bisa saja mempengaruhi konsentrasimu saat beraktivitas. Nah, kami coba menyoroti beberapa buah yang dituding menjadi penyebab sembelit. Yuk simak!

Makan salak menyebabkan susah BAB

Kepercayaan ini tampaknya hanya ada di Indonesia, karena kami tidak menemukan jurnal ilmiah internasional yang membahas kaitan salak dengan BAB. Menurut situs konsultasi dokter di Indonesia, salak diduga mengandung tannin5, zat yang juga terdapat dalam teh dan umum digunakan sebagai obat diare kronis6. Namun, bukti ilmiah yang ada ternyata tidak cukup untuk mengesahkan tanin untuk menangani diare6.

Menariknya, salak ternyata adalah buah yang kaya antoksidan. Daging buah salak mengandung polifenol lebih banyak dari daging buah manggis, dan nyaris setara dengan daging buah kiwi7.

Makan pisang menyebabkan/memperparah sembelit

Ya, bagi beberapa orang, pisang justru dipercaya dapat menyebabkan susah ke belakang, bukannya memperlancar BAB. Situs berita kesehatan di Indonesia, misalnya, menyebutkan bahwa pisang termasuk ke dalam diet BRAT (Banana, Rice, Applesauce (apel dalam bentuk puree), and Toast/Tea) yang direkomendasikan untuk memadatkan tinja ketika balita terserang diare1. Di situs lain, disebutkan bahwa pisang tidak memiliki cukup serat pangan dan terlalu banyak karbohidrat sehingga justru meningkatkan risiko sembelit2.

Sejujurnya, kami tidak menemukan pembenaran secara ilmiah bahwa kandungan gizi pada pisang dapat meringankan/memperparah gejala sembelit, termasuk dasar ilmiah dari BRAT diet. Beberapa ahli malah sepakat bahwa diet BRAT tidak direkomendasikan sebagai penanganan diare pada anak-anak karena terlalu minim serat, vitamin, dan mineral3. Terlebih lagi, kami tidak menemukan uji klinis yang mengkaji hubungan konsumsi pisang terhadap kemungkinan sembelit, atau pemberian pisang sebagai obat diare.

Satu jurnal bahkan menyatakan bahwa pisang dapat membantu memulihkan diare DAN konstipasi. pektin di dalam pisang dapat menyerap kelebihan air pada penderita diare, sekaligus menambah volume air pada feses penderita konstipasi, membuatnya lebih lunak dan lancar dikeluarkan4.

Lalu, apa yang dapat menyebabkan sembelit?

Lagi-lagi, kami percaya bahwa sembelit bukanlah akibat langsung dari makanan tertentu, melainkan konsekuensi dari gaya hidup yang salah, seperti8:

  • Kurang makan makanan berserat,
  • Kurang minum,
  • Kurang bergerak,
  • Gangguan terhadap rutinitas, misalnya saat travelling,
  • Stres, dan,
  • Kebiasaan menahan “panggilan alam.”

Siapa tahu, ketika kamu tiba-tiba “macet”, itu adalah cara tubuh memberitahumu untuk minum air lebih banyak, atau makan lebih banyak sayuran. Oh ya, periksakan ke dokter bila sembelitmu berlangsung lebih dari dua minggu (dan ini pertama kalinya kamu sembelit begitu lama), juga bila terasa sakit saat mengejan dan/atau ada darah di tinjamu.

Nah, itulah cerita kami mengenai sembelit. Nantingan postingan blog kami berikutnya, ya!

Ref:

1 http://health.kompas.com/read/2013/08/20/1046404/Makanan.Penyebab.Sembelit.pada.Balita [10 April 2014]

2 http://health.detik.com/read/2010/05/06/130053/1352308/766/2/banyak-makan-pisang-bikin-susah-bab [10 April 2014]

3 http://www.webmd.com/digestive-disorders/brat-diet [10 April 2014]

4 Traditional and Medicinal Uses of Banana. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry 1(3): 51-63, 2012. Diakses dari http://www.phytojournal.com/vol1Issue3/Issue_sept_2012/9.1.pdf [10 April 2014]

5 http://lifestyle.okezone.com/read/2011/01/07/195/411653/makan-salak-sebabkan-konstipasi/large [10 April 2014]

6 http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-217-TANNIC%20ACID.aspx?activeIngredientId=217&activeIngredientName=TANNIC%20ACID [10 April 2014]

7 Food Research International 44: 1671–1701, 2011

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s