We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Diet Golongan Darah, Benarkah Bermanfaat?

Leave a comment

foto: whatsmybloodtype.org

Kamu pasti pernah dengar diet yang satu ini. Katanya, golongan darah A sebaiknya menjadi vegetarian, sementara golongan darah B sebaiknya menghindari daging ayam. Menurut penemunya, diet ini bisa membuatmu lebih kurus bila dijalankan dengan konsisten. Benarkah? Peneliti dari University of Toronto, Kanada mencoba menggali lebih dalam.

Diet golongan darah sebenarnya didasarkan pada persebaran manusia pertama di dunia. Dikabarkan, golongan darah A adalah penghuni tanah pertanian yang subur, sementara golongan darah B harus “tersingkir” dan harus hidup nomaden. Nah, menurut penelitian tersebut, diet golongan darah memang bisa membuatmu lebih sehat, misalnya:

  • Diet golongan darah A berhubungan dengan BMI dan lingkar pinggang lebih rendah, serta profil lemak dan insulin yang lebih baik,
  • Diet golongan darah AB memiliki manfaat insulin sama dengan golongan darah A, namun tidak berhubungan dengan badan lebih ramping,
  • Diet golongan darah O bisa membuat angka trigliserida darahmu lebih rendah,
  • Diet golongan darah B, sayangnya, tidak berhubungan dengan perbaikan kesehatan apapun.

Menariknya, tipe diet tersebut tidak berhubungan dengan golongan darah apapun. Misalnya, kamu tidak perlu memiliki golongan darah A untuk mendapat manfaat dari diet golongan darah A. Dan, hanya diet golongan darah A yang mungkin bisa membuatmu kurus.

Well, hemat kami, diet yang paling benar adalah pola makan sehat dan seimbang. Misalnya tidak lupa makan buah setiap hari, makan sayur minimal setengah piring, dan memilih protein hewani yang tidak berlemak dan digoreng. Setuju?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s