We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Tiga Langkah Kecil Jauhkan Penyakit Besar

Leave a comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

 

Halo tweeps! Tahukah kamu, apa yang spesial di tanggal 25 Januari? Ternyata, selain menjadi ulang tahun beberapa orang, hari ini juga merupakan Hari Gizi Nasional. Nah, tema Hari Gizi tahun ini agak unik, yakni “Gizi Baik, kunci keberhasilan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional”.

 

Apa itu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)? Itu adalah program pemerintah yang mewajibkan negara untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang membayar iuran JKN, juga masyarakat yang iurannya dibayarkan pemerintah. Lebih jelasnya, kamu bisa baca di http://www.jkn.kemenkes.co.id. Lalu, apa hubungannya dengan Hari Gizi Nasional?

 

Kamu pasti sudah tahu ini, namun asupan gizi yang tepat dan seimbang adalah kunci hidup lebih sehat. Mereka yang mengonsumsi sumber makanan yang beragam (nggak hanya makan ayam goreng tiap hari, misalnya) dan berimbang memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit. Karena itu, di postingan blog kali ini, kami berikan tips-tips gizi untuk bebas dari penyakit, seperti:

1. Makanlah sayuran berwarna oranye untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Oranye memang adalah warna keceriaan, bukanhanya sedap dipandang melainkan juga baik untuk kesehatan. Studi dari British Journal of Nutrition tahun 2011 menemukan, konsumsi sayur atau buah berwarna oranye berhubungan dengan risiko penyakit jantung lebih rendah. Pigmen warna oranye pada buah dan sayur bersifat antioksidan dan berperan menjaga kesehatan jantung. Kombinasikan juga dengan sayur berwarna lainnya agar efeknya lebih baik.

2. Ingin makan fast food? Cukup satu minggu sekali. Kami tahu, tidak banyak yang bisa menolak ayam goreng Amerika yang renyah itu. Namun, studi menunjukkan bahwa mereka yang bertamu ke rumah Paman Kolonel lebih dari dua kali seminggu cenderung mengalami kenaikan berat badan hingga 4,5 Kg. Tentunya kamu nggak mau punya badan gemuk, bukan? Untungnya , konsumsi sekali seminggu tidak memberi efek separah itu.

3. Ganti nasi putih dengan nasi merah minimal dua saji perhari. Memburuknya respon gula darah adalah langkah awal terkena diabetes. Dan untungnya, kamu bisa menurunkan risiko tersebut dengan mengonsumsi lebih banyak pangan whole grain minimal dua saji perhari. Jadi, kalau kamu biasa sarapan dengan roti putih, gantikan dengan roti gandum, atau gantilah nasi putihmu dengan nasi merah.

Cukup gantikan beberapa aspek hidupmu untuk cegah datangnya penyakit. Mudah, kan?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s