We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Bagaimana Cara Tetap Sehat Selama Banjir?

Leave a comment

 

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Banjir tampaknya menjadi trending topic saat ini. Setidaknya di Jakarta, kawasan seperti Kampung Pulo atau Condet tampak masih tergenang air. Apakah di tempatmu juga begitu?

Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan RI mengumumkan tujuh penyakit yang mengintai di musim banjir seperti sekarang. Seperti bisa ditebak, diare berada di peringkat nomor satu. Tak kalah pentingnya adalah demam berdarah dan leptospirosis, yakni infeksi bakteri dari kotoran tikus terhadap kulit terluka yang terkena air banjir. Nah lho, bagaimana agar kita terhindar dari penyakit dalam kondisi serba darurat begini?

Jangan khawatir. Artikel ini kami dedikasikan untuk kamu yang terkena banjir maupun terpaksa mengungsi. Dirangkum dari Centre of Disease Control AS dan Unicef Indonesia, berikut adalah tips cegah penyakit ketika banjir:

1.  Hindari kontak dengan air banjir. Pastikan kamu mencuci tangan/anggota tubuh lainnya bersih-bersih setelah terkena air banjir.

2. Hindari makanan yang telah terkena air banjir, termasuk minuman kemasan dengan tutup berulir (screw cap), kemasan karton, atau plastik makanan kemasan. Makanan kemasan yang masih aman dikonsumsi adalah makanan kaleng (selama tidak gembung atau penyok) atau retort pouches (gambar).

3. Hindari konsumsi air banjir. Bila terpaksa, saring dan didihkan terlebih dahulu air tersebut. Kalau perlu, bekukan persediaan air bersih sehingga tahan lebih lama.

4. Mati listrik? Hindari membuka lemari es. Suhu dingin dalam lemari es dapat dipertahankan hingga empat jam selama tidak dibuka. Buanglah daging dan ikan yang terpapar suhu lebih tinggi dari 4 derajat  celsius selama lebih dari dua jam.

5. Ingin buang air? Hindari buang air di tempat banjir, apalagi bila kamu terkena diare. Dengan buang air di tempat banjir, kamu baru saja menulari orang-orang yang juga terpapar air banjir.

Walaupun dalam kondisi darurat, kebersihan harus jadi prioritas utama. Semoga bencana ini cepat selesai ya, tweeps. Tetap semangat!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s