We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Akupunktur Bisa Mengurangi Berat Badan?

Leave a comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Rasanya sudah tidak asing lagi kalau mengurangi asupan kalori dan berolah raga secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi, kali ini kita akan bagikan cara unik dan berbeda untuk turunkan berat badan: “Akupunktur”. Teknik pengobatan ini telah dikenal lama di negara China dan Korea. Dalam bahasa aslinya (baca : China) akupunktur berasal dari kata 針灸(zhēn jiǔ) yang berarti jarum. Hal ini sesuai dengan teknik akupunktur yaitu dengan memasukkan jarum ke “titik” akupunktur.

Oke, kembali ke penurunan berat badan dengan akupuntur. Studi yang baru-baru ini dipublikasikan di Acupuncture in Medicine tahun 2013 menyatakan, akupunktur dapat mengurangi lemak di sekitar perut, apalagi bila dilakukan di lima titik alih-alih hanya satu. Di saat yang sama, peserta studi tersebut diminta untuk menjaga pola makan (bukan untuk menurunkan berat badan) serta tidak melakukan olahraga tambahan.

Bagaimana akupunktur dapat menjaga berat badan? Sayangnya, studi tersebut tidak membahas lebih lanjut. Namun, dari sumber lain, kami mendapat fakta bahwa akupunktur di titik tertentu dapat mencegah datangnya sinyal lapar. Tak hanya itu, akupunktur diduga dapat memancing produksi endorfin (hormon relaks), sehingga mengurangi asupan makanan berlebih akibat stres atau depresi.

Tapi perlu dicatat ya, teknik akupunktur ini tidak dapat dilakukan sembarang orang. Perlu pengawasan dari tenaga ahli yang terpercaya untuk melakukannya. Akupunktur tentunya dapat menjadi salah satu alternatif dalam penurunan berat badan, akan tetapi tetap menjaga pola makan dan olah raga teratur tentunya memberikan dampak yang baik bagi kesehatan.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s