We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos Fakta Hamil Menyusui

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Selamat Hari Ibu! Siapakah yang akan atau bahkan baru saja menjadi ibu? Terinspirasi dari kasih sayang ibu yang tanpa batas pada anaknya, kali ini kami mau bahas mitos dan fakta seputar kehamilan dan menyusui.

Mitos 1: Ibu hamil harus makan untuk dua orang

Menurut mitos, ibu hamil harus makan lebih banyak karena harus memberi makan si jabang bayi. Bahkan, disarankan untuk makan sebanyak jatah untuk dua orang. Namun, menurut situs kesehatan Mayoclinic, ibu hamil tidak perlu makan sebanyak itu. Memang, asupan kalori lebih banyak dibutuhkan untuk menjaga si ibu tetap berenergi. Namun, asupan kalori tambahan itu hanya 400-500 kalori, senilai dengan dua tangkup roti gandum dan pisang saat snack pagi dan snack sore.

Mitos 2: Menyusui bisa menurunkan berat badan

Banyak orang yang percaya bahwa kegiatan menyusui membutuhkan energi yang banyak sehingga dapat melangsingkan tubuh. Menurut situs kesehatan Healthcentral, untuk memproduksi ASI dalam sehari, ibu membakar energi senilai 640 KKal, senilai dengan satu porsi makan siang. Bila Ibu tidak menambah porsi makannya secara berlebihan, menyusui mungkin bisa menurunkan berat badan. Tapi ingat, jangan melakukan diet ketat ketika menyusui, untuk memenuhi kebutuhan si buah hati akan nutrisi seimbang.

Mitos 3: Jangan menyusui bila ibu sedang sakit

Katanya, kuman penyakit bisa menular via ASI, sehingga ibu yang sedang sakit sebaiknya tidak menyusui. Namun ahli kesehatan dari website Healthy Women tidak sependapat. “Si kecil akan terlindung dari penyakin melalui antibodi dalam ASI,” jelas Catherine Ruhl, tenaga medis dan kontributor untuk website Healthy Women. Bila sakit membuat mommy tidak bisa menyusui, tetaplah berikan ASI dalam botol.

Untuk para Ibu, terima kasih banyak atas jasanya membesarkan generasi baru Indonesia. Sampai ketemu di postingan blog kami berikutnya.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s