We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos Fakta Kekebalan Tubuh

Leave a comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Ada yang sudah terkena flu? Akhir-akhir ini, hujan memang mulai sering mendera Jakarta. Semoga di kotamu tidak kena hujan, ya. Nah, inginkah kamu tahu, benarkah kedinginan bikin kamu terserang flu? Atau vitamin C bisa menyembuhkan flu? Kalau iya, kamu wajib buka postingan blog kami hari ini.

Mitos 1: Musim hujan atau kedinginan sebabkan flu

Apakah frekuensi pilekmu sebanding dengan kepekatan warna abu-abu di langit? Bila ya, wajar saja kalau kamu menyalahkan musim hujan. Namun, ahli kesehatan dari Harvard Medical School menyatakan tidak demikian.  Menurut mereka, flu hanya menyerang orang yang tertular oleh virus influenza, dan kebetulan, musim flu biasanya bersamaan dengan musim dingin. Walaupun begitu, musim dingin mungkin saja menurunkan kebugaran tubuh, sehingga virus lebih mudah menjangkitimu.

Mitos 2: Vitamin C bantu sembuhkan gejala flu

Ketika musim hujan datang, pasti makin banyak yang menyetok makanan/minuman tinggi vitamin, terutama Vitamin C. Memang banyak yang percaya, vitamin C bisa membantu menyembuhkan flu—atau setidaknya menghindarkan terjangkit. Tetapi, penelitian tahun 2007 menemukan, konsumsi Vitamin C dalam jumlah besar tidak membuat pilekmu sembuh keesokan harinya. Walaupun begitu, bila kamu teratur mengonsumsi vitamin C sebelum terkena pilek, sekurang-kurangnya 200 mg perhari, kamu bisa mendiskon masa pilekmu selama sehari-dua hari. Bagaimanapun, konsumsilah Vitamin C setiap hari agar tubuh tetap bugar, dan dapatkan dari sumber terbaik, yakni buah dan sayuran.

Mitos 3: Obat-obat penambah imunitas bisa dongkrak kekebalan tubuh

Pernah mencoba minum obat-obat penambah daya tahan tubuh? Obat-obatan tersebut biasanya mengandung ekstrak Echinaceae (Purple Coneflower), yang katanya bisa mendongkrak imunitas. Dan, hasil penelitian menyebutkan, Echinaceae mungkin membantu menaikkan kekebalan tubuh dengan cara mengaktifkan sel-sel darah putih. Sel darah putih yang lebih aktif kemudian lebih gencar menyerang kuman penyakit dalam tubuh manusia.

Mitos 4: Sering bergaul bisa menyebabkanmu terkena flu

Secara logika, hal ini masuk akal. Dengan bergaul, kamu bisa saja bertemu orang yang kemudian menularkan virus flu. Menariknya, dengan memiliki banyak teman, kamu bisa lebih sehat, lho. Penelitian dari jurnal Psychological Science menemukan, mereka yang lebih sosial (banyak teman dan sering bergaul) memiliki risiko lebih rendah terkena flu. Analisis lebih lanjut menunjukkan, mereka yang lebih sosial cenderung lebih pandai mengelola stres serta secara umum lebih bahagia. Jadi, nggak ada salahnya untuk hangout lebih sering di musim hujan ini.

Mitos 5: Kurang tidur sebabkan flu

Percaya atau tidak, ini fakta. Penelitian tahun 2009 menunjukkan, mereka yang tidur kurang dari tujuh jam nyaris tiga kali lipat lebih mungkin terkena pilek dibandingkan mereka yang tidur 8 jam. Kurang tidur menurunkan jumlah dan kinerja sel darah putih serta menaikkan tingkat stres tubuh, membuatmu lebih mungkin terkena flu. Diprotes teman karena kerjaanmu tidur melulu selama musim hujan? Tunjukkan artikel ini dan katakan kalau kamu ingin terhindar dari flu.

So, we wish you free from flu and have a blast December. Ciao!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s