We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos Fakta Seputar Maag

Leave a comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

 

 

 

 

 

 

Benarkah sering telat makan sebabkan maag? Bagaimana dengan makanan pedas atau minum kopi? Kalau kamu penasaran dengan apa sebenarnya penyakit maag, kamu wajib simak postingan kami minggu ini.

Telat makan sebabkan maag

Maag, atau peptic ulcer, sebenarnya adalah peradangan pada dinding bagian dalam lambung. Peradangan ini disebabkan oleh hilangnya lapisan pelindung (mucus) dinding lambung, sehingga asam lambung mengenai dinding lambung dan menyebabkan pendarahan. Sebab-sebab maag yang umum adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori atau konsumsi painkiller (misalnya ibuprofen dan aspirin) dalam jumlah banyak1.

Lalu, bagaimana dengan telat makan? Tidak ditemukan fakta bahwa sering telat makan menyebabkan maag. Namun, nyeri di bagian perut akibat maag akan terasa lebih sakit saat perut kosong1. Penjelasan yang mungkin adalah, seseorang sudah menderita maag sejak dulu (akibat infeksi atau pengaruh obat), namun baru terasa ketika dia melewatkan makan tanpa sengaja.

Kopi sebabkan penyakit maag

Selain makanan pedas, kopi juga dituding sebagai penyebab maag. Namun, penelitian dalam jurnal Epidemiology membuktikan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi kafein (dalam kopi) dengan risiko maag2. Walaupun begitu, kafein dalam kopi dapat memicu pengeluaran asam lambung lebih banyak3 sehingga menyebabkan rasa perih yang lebih intens.

Merokok sebabkan penyakit maag

Merokok? Apa hubungannya dengan penyakit maag? Ternyata, orang yang sering merokok lebih rentan terhadap penyakit maag, lho. Pasalnya, merokok menghambat produksi protein tubuh yang memelihara lapisan pelindung lambung (mucus), sehingga kemungkinan terkena maag lebih tinggi4. Dan efek ini lebih teramati pada mereka yang sudah lama merokok. Karena itu, berhenti merokok, bukan hanya menjaga kesehatan paru-paru, tetapi juga menjauhkanmu dari maag.

Bagaimana? Tidak bingung lagi, bukan? Sampai ketemu di postingan blog minggu depan, ya.

 

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s