We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Osteoporosis: Cegah dari Sekarang!

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

 

Apa yang spesial pada tanggal 20 Oktober? Selain kamu-kamu yang berulang tahun, hari ini juga diperingati sebagai Hari Osteoporosis Sedunia. Khusus tahun ini, kami ingin mengangkat pentingnya menjaga kesehatan tulang sejak dini, terutama bagi wanita.

Mengapa wanita? Menurut laporan dari International Osteoporosis Foundation (IOF) tahun 2013, wanita memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dari pria, namun kualitas hidupnya belum tentu lebih baik. Diperkirakan, satu dari tiga wanita berumur di atas 50 tahun akan menderita patah tulang pinggul1. Tentunya kamu tidak mau bernasib seperti itu, bukan?

Karena itu, menjaga kesehatan tulang sejak usia produktif sangatlah penting. Simaklah contekan dari kami mengenai cara oke menjaga kesehatan tulangmu.

1. Pilih susu atau yogurt rendah lemak. Laporan dari Harvard Medical School menyebutkan, konsumsi susu dan yogurt rendah lemak bisa menguatkan tulang.Namun, konsumsi krim/es krim justru menurunkan kepadatan tulang di usia tua. Tampaknya, konsumsi susu atau yogurt rendah lemak membuatmu mendapatkan manfaat kalsium, protein, dan vitamin D untuk menguatkan tulang, tanpa asupan lemak berlebih.

2. Batasi ngemil mie instan/keripik. Garam berlebih dalam makanan/masakan bisa membuat tulangmu keropos. Menurut penelitian dari Jepang, wanita yang mengonsumsi garam hingga 3 sendok teh tiap hari (setara dengan 7561 mg natrium) berisiko 4 kali lebih tinggi terkena patah tulang pinggul. Jumlah itu setara dengan 3 bungkus mie instan perhari, lho.

3. Jogging setidaknya setiap minggu. Wanita mulai kehilangan kepadatan tulangnya sejak usia 30 tahun, menurut ahli dari University of Alabama, dan olahraga teratur bisa mencegah pengeroposan tulang makin parah. Olahraga yang disarankan adalah kombinasi antara gym dan kardio, namun jogging teratur sudah cukup untuk menjaga kepadatan tulang. Oh ya, buat kamu yang member di fitness center terkemuka, kelas-kelas seperti body combat, zumba, dan yoga pun bermanfaat.

Tak hanya uang yang perlu diinvestasikan, kepadatan tulang pun penting. Dan, semakin dini kita memulai, semakin kita bisa hidup layak di usia senja. Siapa sih yang nggak ingin main kejar-kejaran sama cucu di usia tua nanti?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s