We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Khasiat Kunyah-Kunyah

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Apakah bagimu mengunyah makanan itu penting? Ataukah kamu tipe orang yang “hap…glek!” atau suap langsung telan? Kamu pasti akan tercengang membaca fakta yang kami kumpulkan di postingan blog kali ini.

1. Mengunyah lebih banyak membuat kamu merasa lebih kenyang. Penelitian oleh Iowa State University menemukan, meningkatkan jumlah kunyahan dari 15 menjadi 40 kali membuat satu slice pizza menjadi lebih mengenyangkan. Tentunya, bukan hanya pizza, melainkan semua makanan lainnya. Mengapa? Para peneliti menduga, kunyahan yang lebih banyak memancing lebih banyak hormon pembawa rasa kenyang, sehingga pizza—atau makan siangmu—akan terasa lebih mengenyangkan. Efeknya jelas, butuh lebih sedikit makanan untuk merasa kenyang, cocok untuk yang sedang diet.

2. Mengunyah membantu konsentrasi lebih lama. Kini, tidak perlu kopi agar bisa berkonsentrasi. Cukup permen karet bebas gula. Penelitian dari British Journal of Psychology menemukan, mereka yang mengunyah permen karet lebih bisa mengingat fakta dan menyampaikannya kembali dengan cepat. Tapi, pastikan kamu diperbolehkan makan permen karet di kelas/ruang meeting sebelum mengadopsi fakta ini, ya.

Jadi, masih menganggap remeh mengunyah?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s