We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Jangan Lakukan Ini Habis Bergadang!

1 Comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Tidur jam berapa tadi malam? Biasanya, Jumat malam adalah waktu-waktu favorit untuk bergadang. Nah, pastikan kamu tidak melakukan hal-hal ini di hari esok, jika malam tadi kamu tidak tidur cukup:

1. Belanja bahan makanan ke pasar/supermarket. Kalau kepepet, lebih baik tinggalkan saja dompetmu di rumah. Pasalnya, kamu bakal tergoda untuk belanja makanan lebih banyak. Satu studi dari Uppsala University, Swedia menemukan, pria yang kurang tidur cenderung belanja makanan lebih banyak dan lebih tinggi kalori. Jadi, untuk kamu yang lagi diet makan ataupun “diet pengeluaran,” jangan sering-sering bergadang, ya.

2. Makan di foodcourt. Bukan sulap bukan sihir. Kalau malamnya kamu kurang tidur, fast food macam *FC bakal terlihat seribu kali lebih menggoda. Studi yang dipublikasikan di jurnal SLEEP menemukan, kurang tidur menghambat kemampuan otak untuk merasionalisasi keputusan. Akibatnya, kamu akan lebih impulsif dalam memilih makanan, dan pastinya akan memilih fast food yang kurang sehat.

3. Kopi darat. Kalau sudah terlanjur, mending reschedule ke hari lain, deh. Riset dari Karolinska Institutet di Swedia menemukan, orang-orang yang kurang tidur terlihat tidak sehat, kecapaian, dan—yang terpenting—tidak menarik dibanding mereka yang tidak bergadang semalam sebelumnya. Sayang banget kan?

4. Vaksinasi, cabut gigi, operasi, atau semacamnya. Lebih baik kamu ganti jadwal kegiatan yang melibatkan rasa sakit tersebut di hari yang memungkinkan tidur cukup. Pasalnya, seperti hasil penelitian oleh American Academy of Sleep Medicine, mereka yang tidur lebih lama memiliki daya tahan terhadap rasa sakit yang lebih tinggi.

Jadi, masih butuh alasan untuk tidak bergadang?

Picture from here

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

One thought on “Jangan Lakukan Ini Habis Bergadang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s