We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Usir Angin dengan Kerokan?

Leave a comment

foto:corbisimages

foto:corbisimages

Kalau kamu masuk angin, apa yang kamu lakukan? Bagi kebanyakan orang, masuk angin hanya bisa sembuh dengan kerokan. Nah, pernahkah kamu penasaran, apakah benar kerokan bermanfaat secara medis?

Sebelumnya, apa itu “masuk angin”? Ternyata, “masuk angin” bukanlah angin yang masuk ke tubuh dan menyebabkan penyakit. Gejala masuk angin (pegal linu, tidak enak badan, hidung berair) adalah reaksi tubuh karena paparan angin. Angin menurunkan suhu tubuh dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Dari situlah pegal linu itu berasal.

Peneliti dari Universitas Negeri Sebelas Maret meneliti efek kerokan pada tubuh, seklaigus menjawab “Benarkah kerokan ampuh mencegah masuk angin?” Ternyata, fungsi utama kerokan adalah menyebabkan perlukaan kecil pada pembuluh darah di bawah kulit. Perlukaan ini kemudian memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan imunitas tubuh. Hal inilah yang menyebabkan rasa nyaman dan “sembuhnya masuk angin” setelah dikerok.

Lalu, apakah perlukaan kecil tersebut membuat kulit menjadi rusak? Untungnya tidak, menurut hasil penelitian tersebut.

Jadi, kerokan telah terbukti aman secara ilmiah, juga mungkin memiliki manfaat kesehatan. Apakah lebih baik dilakukan? Tentunya semua berpulang pada keyakinan masing-masing. Sampai ketemu di blog post berikutnya!

Ref:

Gambaran Histopatologi Kulit pada Pengobatan Tradisional Kerokan. cdk 160/ vol. 35 no. 1 Jan – Feb 2008

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s