We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Puasa Bikin Kamu Lebih Sehat!

Leave a comment

foto: news.unchealthcare.org

 

Tanggal berapa kamu mulai berpuasa Ramadhan? Walaupun tanggal mulai berpuasa mungkin berbeda untuk sebagian orang, tak ada alasan untuk menunda berpuasa, apalagi bagi kamu yang wajib melaksanakannya. Pasalnya, tak hanya berpahala, berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan, lho!

Ulasan yang ditulis oleh peneliti dari Universitas di Iran menyebutkan, efek positif puasa diantaranya:

  1. Menurunkan berat badan, dan
  2. Menaikkan kolesterol baik dalam darah.

Selain itu, berpuasa pun aman dilakukan bagi penderita diabetes serta penyakit jantung. Namun perlu diingat, ibu menyusui tidak disarankan berpuasa Ramadhan karena dapat mengurangi nutrisi pada ASI.

Nah, walaupun puasa menyehatkan badan, bukan berarti kamu bisa makan-makanan tidak sehat selama puasa. Bahkan, yang dimakan saat sahur dan berbuka bisa mempengaruhi kinerja kamu selama Ramadhan lho. Biar tidak salah alamat, yuk ikuti tips sederhana dari kami.

  1. Lengkapi santap sahurmu dengan telur. Telur (serta makanan tinggi protein lainnya) terbukti klinis mampu menunda lapar lebih lama.
  2. Berbukalah dengan yang manis, namun jangan lupakan buah dan sayur. Studi dari Archives of Internal Medicine  menunjukkan, orang yang berpuasa cenderung  “kalap” saat berbuka, dengan memilih makanan tinggi kalori serta mengabaikan buah dan sayur. Padahal, buah dan sayur juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Saran kami, cukuplah berbuka dengan kurma dua butir dan abaikan saja (atau konsumsi secukupnya) hidangan manis di meja makan.
  3. Pastikan tubuh terhidrasi cukup. Berkurangnya cairan tubuh sebanyak dua persen saja bisa menurunkan konsentrasi.  Karena itu, cukupi kebutuhan air saat sahur dari air putih/susu. Oh ya, hindari minuman seperti kopi dan teh yang justru membuatmu kebelet kencing.
  4. Isilah kegiatan ngabuburit dengan jalan sore. Banyak ahli yang sepakat, berolahraga saat puasa bisa membuatmu lebih segar. Olahraga lebih ampuh meningkatkan vitalitas dan suntikan semangat dibandingkan kafein, lho.
  5. Tidur siang cukup 10 menit saja. Bukan hanya tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, namun tidur sejenak juga bisa menyegarkanmu kembali. Namun ingat, jangan tidur lebih dari 10 menit, atau kamu akan merasa mengantuk sepanjang siang (dan tidak bisa tidur di malam hari).

Kata siapa puasa bikin kita malas bekerja? Yuk buktikan!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s