We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Baca Ini Sebelum Berenang!

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

 

Kena diare setelah berenang? Kamu tidak sendiri. Laporan dari Centre of Disease Control and Prevention (CDC), badan penanganan penyakit di Amerika Serikat menyebutkan, satu dari dua kolam renang di Atlanta, Amerika Serikat, tercemar bakteri Escherichia coli. Bakteri ini umumnya terdapat di kotoran manusia, dan dapat menyebabkan diare bila termakan atau terminum.

Bayangkan, di negara maju seperti Amerika Serikat saja hal ini masih teramati, bagaimana di negara berkembang seperti Indonesia?

Masih dari laporan yang sama, CDC menyatakan fenomena ini sebagai akibat dari kurangnya perenang yang menerapkan  healthy swimming. Padahal, dengan menerapkan tiga langkah tersebut, perenang dapat melindungi dirinya sendiri maupun orang lainnya dari kuman penyebab diare.

Kamu sening berenang? Yuk terapkan healthy swimming dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Jangan berenang ketika terkena diare. Selain mencemari kolam dengan bakteri penyebab diare, olahragamu pun tak akan optimal. Lebih baik istirahat sehingga cepat sembuh.
  2. Mandilah bersih dengan sabun sebelum dan setelah nyebur. Dengan begini, kamu baru saja melindungi diri sendiri dan perenang lain dari kuman di badanmu.
  3. Pergilah ke kamar mandi setiap satu jam kamu berenang. Dan, untuk kamu yang punya adik kecil, cek popoknya setiap setengah jam sekali. Oh ya, pipis di kolam renang itu tidak sehat, lho.
  4. Hindari menelan air kolam, atau kamu mungkin terkena diare esok hari.

Tak hanya menerapkan healthy swimming, kamu pun wajib mencari kolam renang yang layak. Seperti apa kolam renang yang layak? Berikut ciri-cirinya:

  1. Airnya jernih sehingga kamu bisa melihat dasar kolamnya dengan jelas.
  2. Airnya tidak berbau klorin. Kolam yang berbau klorin menandakan sirkulasi yang kurang baik.
  3. Dinding kolam renang tidak boleh licin dan/atau lengket.

Berenang memang merupakan olahraga yang oke, baik untuk menambah stamina maupun membentuk otot. Namun, jangan sampai berenang membuatmu jatuh sakit keesokan harinya. Setuju? Selamat berenang!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s