We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Empat Langkah Menuju Jantung Sehat

Leave a comment

Photo from Wellcome Images

Penyakit jantung tampaknya menjadi mimpi buruk sekaligus realita masa tua. Terkena serangan jantung di usia 40 tahun bahkan terdengar “lumrah.” Namun tahukah kamu, ada empat langkah sederhana yang—kalau diadopsi dari sekarang—bisa mengurangi risiko penyakit jantung, lho.

Sebuah penelitian jangka panjang yang diprakarsai oleh John Hopkins University, Amerika Serikat menemukan bahwa terdapat empat gaya hidup sehat yang bisa melindungimu dari penyakit jantung. Bahkan, menurut penelitian tersebut, mereka yang menerapkannya selama sekitar delapan tahun memiliki angka kematian 80% lebih pendek, lho. Ingin tahu apa saja keempat langkah hidup sehat tersebut? Ini dia:

1. Rutin berolahraga dan hidup aktif. Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga minimal 150 menit perminggu, atau 30 menit setiap harinya. Suka futsal? Berenang? Bisa. Dan lagi, dengan memenuhi 150 menit tersebut, kamu juga melindungi diri kamu dari risiko kegemukan serta diabetes di kemudian hari.

Oh ya, aktivitas fisik yang termasuk olahraga adalah aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh, dan dilakukan lebih lama dari 10 menit.

2. Adopsi pola makan mediterania. Pola makan yang satu ini terbukti lebih sehat dibanding pola makan modern. Tak hanya melindungi dari penyakit jantung, British Medical Journal melaporkan bahwa orang-orang yang mengadopsi pola makan ini lebih jarang terkena diabetes tipe 2. Untungnya, kamu tak perlu jauh-jauh ke Yunani atau Spanyol untuk mengadopsi pola makan ini. Inilah cara-cara sederhana untuk membawa suasana mediterania di meja makan:

  1. Gantikan nasi putih dengan nasi merah, dan pilihlah roti gandum whole wheat,
  2. Makanlah buah sebagai cemilan, dan pastikan buah-buahan yang kamu makan bervariasi setiap hari. Oh ya, ternyata jeruk mandarin dan kesemek adalah buah khas mediterania lho.
  3. Bosan makan ayam/daging? Sering-sering gantikan dengan ikan laut. Selain “sangat mediterania,” ikan juga kaya asam lemak yang dibutuhkan tubuh.
  4. Hindari menggoreng, batasi hanya menumis. Lebih baik lagi jika menggunakan minyak zaitun saat menumis.
  5. Hindari makan terburu-buru; orang yang makan perlahan merasa kenyang lebih cepat. Dan lagi, makanan akan terasa lebih lezat jika dinikmati perlahan.

3. Pertahankan tubuh agar tidak kegemukan (BMI > 23). Bagaimana bila BMI-mu berlebih? Hmm, sudah waktunya kamu menurunkan berat badan dengan kombinasi olahraga dan diet rendah lemak dan nutrisi seimbang. Pola makan mediterania di atas bisa kamu adopsi. Dan, tak hanya lebih sehat, berat badan ideal juga dongkrak rasa pedemu.

4. Tidak merokok. Percaya atau tidak, langkah keempat ini lebih berpengaruh dibandingkan ketiga langkah di atas, lho. Bahkan, walaupun kamu mengadopsi dua langkah sehat di atas (misalkan berat badanmu normal dan rajin berolahraga), risikomu untuk terkena serangan jantung tetap lebih tinggi. Lebih jauh lagi, berhenti merokok menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 54%. Jadi, tak ada kata terlambat untuk berhenti (dan menghindari) merokok.

Jadi, sudah siap menyambut masa tua bebas sakit jantung?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s