We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Pola Makan Penyebab (dan Penangkal) Kantuk

Leave a comment

 

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Suka mengantuk di siang hari padahal sudah tidur tujuh sampai sembilan jam? Mungkin sudah waktunya menelaah pola makan kamu sehari-hari.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal SLEEP menemukan, pola makan setiap hari berkaitan dengan rasa kantuk yang dialami di siang hari (daylight sleepiness). Orang dengan BMI* normal (berkisar antara 18,5-22,9)   yang mengonsumsi lemak tinggi sepanjang hari cenderung lebih mengantuk di siang hari, tidak peduli jumlah kalori yang dimakan ataupun jumlah jam tidur setiap malamnya. Protein tidak berpengaruh signifikan terhadap daylight sleepiness, sementara karbohidrat (terutama dari sumber tinggi serat seperti nasi merah dan produk whole grain) membantu menangkal rasa kantuk tersebut.

Tak hanya makanan tinggi lemak, kurangnya vitamin D dalam darah juga bisa menyebabkan kantuk yang berlebihan. Menurut studi dari  Journal of Clinical Sleep Medicine, terdapat hubungan antara rendahnya kandungan Vitamin D dalam darah dengan daylight sleepiness pada penderita gangguan tidur (sleep disorder). Padahal, cara mencukupi Vitamin D sangatlah mudah: cukup berjemur di bawah sinar matahari pagi atau mengonsumsi susu yang diperkaya vitamin D.

Kalau begitu, selain mengurangi makanan tinggi lemak serta memperkaya vitamin D dalam tubuh, apakah ada makanan atau nutrisi lain yang bisa membuat kita lebih segar? Ternyata rahasia mengurangi rasa kantuk sangatlah sederhana: sarapan. Berbagai studi pada anak dan remaja menunjukkan, mereka yang rutin sarapan memiliki nilai yang lebih baik di sekolah. Sarapan membantu konsentrasi lebih baik di pagi hari, sehingga proses belajar pun menjadi lebih optimal.

Semoga setelah membaca ini, kamu jadi tidak mengantuk lagi di siang hari, ya. Sampai ketemu di postingan minggu depan!

*BMI: Body Mass Index. Rumusnya adalah Berat badan (Kg)/Tinggi badan2 (m)

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s