We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Hati-Hati Ngemil Malam!

Leave a comment

Merasa kesal karena berat badan tidak turun-turun? Coba cek kebiasaan makanmu, mungkin kamu sering ngemil—atau bahkan makan berat—di tengah malam.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Obesity menemukan, orang-orang yang makan lebih banyak di malam hari cenderung berbadan lebih gemuk. Beberapa di antaranya malah tergolong obesitas. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan memilih makanan tinggi kalori serta tinggi lemak di malam hari.

“Kalau Anda bergadang dan merasa lapar, Anda cenderung akan makan lebih banyak,” jelas Steven Shea, peneliti senior dalam studi ini. “Anda akhirnya menyimpan kalori (dalam bentuk lemak) lebih banyak sekaligus kurang tidur, dua faktor yang menyebabkan bertambahnya berat badan.

Penelitian yang dilakukan terhadap 13 penderita obesitas menemukan, pukul delapan pagi adalah waktu saat orang merasa paling tidak lapar. Sementara pukul delapan malam adalah puncak dari rasa lapar. Keadaan ini berguna di zaman batu, ketika makanan sulit didapat, namun bisa menyebabkan kegemukan ketika kamu dikelilingi makanan tinggi lemak dan kalori, jelas salah seorang peneliti.

Tak hanya menyebabkan kegemukan, bergadang dan ngemil malam-malam pun bisa sebabkan diabetes. Kamu bisa baca lebih lanjut di sini.

Lalu, bagaimana menyiasatinya? Berikut tiga langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Hindari mengonsumsi makanan tinggi kalori di malam hari, konsumsilah di pagi hari.
  2. Percepat waktu tidurmu.
  3. Pastikan kamu mendapat cukup waktu tidur, sekitar 7-8 jam setiap harinya.

Jadi, masih mau ngemil besar malam-malam?

Disadur dari ScienceDaily.com

 

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s