We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Yang Akan Ujian Wajib Baca!

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Apakah kamu duduk di SMA kelas tiga? Berarti hari Senin, kamu akan menghadapi ujian nasional. Tentunya persiapanmu sudah matang untuk mengejar nilai bagus dan jalan menuju universitas idaman. Nah, untuk melengkapi persiapanmu, kami rangkup tips-tips unik untuk bantu belajarmu lebih optimal.

Oh ya, tips-tips ini juga bisa digunakan untuk ujian masuk perguruan tinggi, tes bahasa, atau ujian-ujian lainnya.

1. Catat ulang bahan ujianmu dengan tulisan tangan. Saat mencatat, berbagai sel saraf aktif secara bersamaan, termasuk sel saraf yang menggerakkan tanganmu, dan sel saraf yang merasai tekstur kertas. Hal ini memungkinkan otak untuk menyimpan bahan ujianmu lebih kuat dan sukar dilupakan.

2. Matikan musik (dan sumber gangguan lainnya). Studi menemukan, kemampuan mengingat akan menurun ketika telinga terpapar suara-suara seperti jalanan bising, bunyi AC yang terus –menerus, dan juga musik.

3. Uji dirimu sebelum tes. Kalau kamu punya setumpuk buku bank soal UN, cobalah kerjakan satu set malam ini. Metode ini lebih ampuh mempersiapkan dirimu untuk tes dibandingkan hanya membaca catatan.

4. Pelajari bahan ujian yang paling susah sebelum tidur. Tidur membantu memperkuat ingatanmu (atau bahan yang baru saja kamu pelajari) sehingga mudah diambil kembali (saat ujian, misalnya).

Bagaimana dengan nutrisinya? Kami sudah siapkan bocoran makanan untuk bantu kamu berkonsentrasi.

1. Sarapanlah dengan menu whole grain (roti gandum, nasi merah, atau oatmeal) dan makanan tinggi protein (misal telur rebus). Sarapan yang tepat bantu otakmu berpikir cemerlang, sehingga hasil ujianmu pun gemilang.

2. Makan ikan minimal dua kali seminggu. Omega-3 dalam ikan dukung fungsi dan perkembangan otak. Mau tahu manfaat ekstra omega-3 untuk tubuh? Klik di sini.

3. Pilih stroberi untuk cemilan. Kandungan antioksidan dalam stroberi (dan kebanyakan buah lainnya) cegah efek buruk radikal bebas terhadap otak.

4. Ide lain cemilan: kacang. Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang berhubungan dengan rendahnya penurunan kemampuan berpikir seiring bertambahnya usia. Tentunya pilih produk kacang yang dipanggang dan tidak ditambah gula, ya.

Jadi, siapkah kamu menyambut UN (dan masa depan gemilang)?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s