We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Siaga Sergap Hipertensi

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Apa yang spesial di tanggal 7 April? Well, mungkin ada yang merayakannya sebagai hari ulang tahun. Tapi, bagi WHO, tanggal 7 April sudah ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Sedunia (World Health Day). Dan coba tebak apa tema yang ditetapkan WHO tahun ini? Tekanan darah tinggi, atau hipertensi.

Hipertensi adalah kondisi kesehatan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah padaorang tersebut. Tekanan darah yang normal seharusnya berada di bawah 120/80 mmHg, namun tekanan darah orang yang menderita hipertensi bisa melejit hingga 140/90 atau lebih. Orang-orang dengan tekanan darah di antara kedua angka tersebut umumnya disebut prehipertensi. Kamu bisa mengecek tekanan darahmu dengan dibantu dokter/tenaga medis yang ahli.

Taken from here

 

Tapi, bukankah hipertensi hanya menyerang orang lanjut usia? Tidak lagi. WHO, dalam situs resmi World Health Day 2013 menulis, 1 dari 10 orang berusia 20 hingga 30 tahun di seluruh dunia menderita hipertensi.

Kok bisa? Salau satu penyebabnya adalah konsumsi garam berlebih dalam makanan. Laporan Harvard School of Public Health menyebutkan, tiga perempat pria dan wanita di seluruh dunia rata-rata mengonsumsi garam dua kali lebih banyak dari batas yang disarankan. Dari mana sumber garam-garam berlebih tersebut? Ternyata dari makanan kemasan, hidangan restoran, serta saus-sausan (termasuk kecap manis). Daftar lengkap makanan yang mengandung garam tinggi bisa kamu sontek di sini.

Karena itu, yuk tangkal hipertensi dengan menghindari garam berlebih dari makanan dan berolahraga teratur. Sekali lagi, mencegah lebih baik dari mengobati. Setuju?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s