We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Hati-Hati Nyandu Junkfood Sejak Bayi!

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Junk food: enak, murah, dan tidak sehat. Dan tentunya, orang yang nyandu banget makan fast food cenderung bertubuh gemuk dan kurang sehat. Tapi tahukah kamu, manusia bisa suka dengan junk food bahkan sebelum dia dilahirkan?

Penelitian yang dipublikasikan di The FASEB Journal menemukan, anak dari ibu yang sering makan makanan tinggi lemak jenuh ketika mengandung ternyata cenderung lebih suka junk food dibandingkan dengan anak dari ibu dengan pola makan normal. Fried chicken, pizza, dan burger yang dimakan si ibu ternyata mampu mengubah struktur otak si jabang bayi. Akibatnya, si anak—ketika dia cukup dewasa untuk makan fast food—akan makan lebih banyak dibandingkan anak lainnya untuk mendapatkan “rasa kenyang” yang sama.

 Sayang, ya? Padahal ketika bertumbuh nanti, si pecandu akan mengalami risiko kesehatan seperti:

1. Peningkatan risiko meninggal akibat serangan jantung hingga 56 persen,

2. Peningkatan risiko diabetes tipe 2 hingga 27 persen,

3. Nilai rata-rata IQ sebanyak dua poin lebih rendah di umur delapan tahun (dibandingkan anak yang mengonsumsi ASI dan makanan sehat).

Walaupun studi di atas dilakukan pada mencit, namun hal yang sama bisa saja teramati di anak manusia, lho. Karena itu, pada seluruh ibu hamil di Indonesia, yuk kurangi makan junk food untuk anak yang lebih sehat dan pintar!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s