We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Hand Sanitizers: Facts and Tips

1 Comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Ingin makan namun tidak ada sabun dan air? Pilihan yang lebih sehat selain langsung makan adalah menggunakan hand sanitizers terlebih dahulu. Namun benarkah hand sanitizers bisa membasmi kuman dengan efektif?

Hand sanitizers memang merupakan alternatif yang umum untuk cuci tangan. Zat aktif yang terkandung di dalamnya adalah alkohol 70 persen, yang umum dipakai di laboratorium untuk menyuci hamakan tangan. Selain itu, hand sanitizers juga dilengkapi dengan pelembab yang mencegah tangan kering—hal yang umum dialami dari mencuci tangan terlalu sering.

Pakar kesehatan sudah sepakat akan keampuhan hand sanitizers dalam memberantas kuman penyakit. Executive President dari Mercy Medical Center, New York Amerika Serikat, bahkan menyatakan bahwa hand sanitizers bisa membasmi sebagian besar virus dan bakteri, dengan hanya beberapa spesies yang tidak terbasmi. Salah satu bakteri yang tahan serangan hand sanitizers adalah Clostridium difficile, bakteri yang umum menginfeksi orang di rumah sakit dan menyebabkan infeksi di usus.

Namun, para peneliti dari Center of Disease Control (CDC) Amerika Serikat menyebutkan, hand sanitizers tidak bisa menggantikan praktik mencuci tangan. Sabun dan air mengalir masih dianggap lebih ampuh merontokkan kuman yang menempel. Walaupun begitu, hand sanitizer adalah pengganti yang sempurna ketika sabun dan air tidak tersedia. Sebaiknya cuci tangan atau gunakan sanitizer setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok bayi, sebelum makan, atau ketika menyiapkan makanan.

Seperti apa memakai hand sanitizers yang baik? Sama seperti mencuci tangan, usahakan agar hand sanitizers menyentuh seluruh permukaan tangan. Gunakan satu atau dua semprot, dan gosokkan ke telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan sekitar kuku. Lakukan gosokan ringan hingga tangan mengering.

Walaupun membawa hand sanitizer itu merepotkan bagi sebagian orang, tidak ada salahnya kok berinvestasi supaya terhindar dari kuman penyakit. Setuju?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

One thought on “Hand Sanitizers: Facts and Tips

  1. setuju 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s