We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Tiga Keajaiban Sarapan

Leave a comment

foto:corbisimages

foto:corbisimages

Apakah kamu termasuk orang yang sarapan yang benar setiap hari? Kami acungkan jempol, karena menurut Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2010, satu dari dua anak di Indonesia terbiasa tidak sarapan setiap harinya. Padahal, sarapan sangat penting untuk menutrisi kembali tubuh setelah berpuasa hampir sepertiga hari (baca: tidur lelap).

Masih butuh alasan untuk sarapan? Dalam rangka Pekan Sarapan Nasional tanggal 14 sampai 20 Februari, kami rangkum tiga keajaiban sarapan untuk tubuh dan performa kamu. Cekidot!

1. Sarapan ternyata bisa membuat tubuhmu lebih ramping. Hasil wawancara terhadap orang-orang yang berhasil menurunkan berat badan selama 15 Kilogram selama setahun menemukan, sebagian besar dari orang-orang tersebut sarapan minimal lima kali seminggu1. Sarapan mencegah rasa lapar berlebihan di siang hari sehingga makanmu tetap terjaga.

2. Masih senada dengan keajaiban sarapan nomor satu, sarapan bisa membuatmu makan lebih sehat sepanjang hari. Diskusi panel Institute of Food Technologist (IFT) memperkirakan bahwa orang-orang yang tidak sarapan makan 55% lebih banyak soft drinks, 40% lebih banyak cemilan manis2. Tak hanya itu, mereka juga mengonsumsi 45% lebih sedikit sayur dan 30% lebih sedikit buah2. Sayang, ya? Padahal menu makan sehat adalah awal dari hidup yang sehat.

3. Buat kamu yang masih sekolah/kuliah, keajaiban ketiga ini pasti bisa membuat kamu semangat. Sering sarapan bisa membuat kamu lebih cerdas di sekolah. Studi terhadap anak-anak umur enam tahun di China menyebutkan, anak-anak yang sering sarapan memiliki nilai IQ 4 poin lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan3. Selain itu, sarapan juga berhubungan dengan nilai yang lebih bagus di sekolah4.

Bagaimana dengan kamu-kamu yang sudah bekerja? Jangan khawatir, sarapan membuatmu mampu berpikir jernih sehingga bisa bekerja dengan optimal. Tak hanya itu, sarapan juga membuat mood kamu baik sepanjang hari5.

Lalu, sarapan seperti apa yang tepat? Sarapan sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks dan protein untuk energi dan rasa kenyang lebih lama. Lebih baik lagi bila dilengkapi buah dan sayur4. Contoh menu sarapan yang oke:

1. Semangkuk oatmeal, telur rebus, dan apel/pisang

2. Setangkup roti gandum, sehelai keju, segelas susu, dan buah

3. Sepiring nasi (lebih baik kalau nasi merah) dan lauk pauknya (tempe tahu atau daging ayam), lengkap degan buah dan sayur.

Siap meraup tiga keajaiban sarapan mulai besok?

 

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s