We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos Fakta Seputar Susu

2 Comments

foto:shutterstock

foto:shutterstock

Seberapa sering kamu minum susu? Kalau kamu masih takut minum susu karena mitos-mitos yang beredar, kamu wajib baca postingan kami kali ini.

Hormon sapi pada susu bikin puber makin cepat

Knapp_ID2014_BoyAndCow

Mitos! Memang, penernak sapi umumnya memberikan hormon pada sapi peliharaannya. Namun, hormon tersebut akan terurai saat masuk ke sistem pencernaan sapi, sehingga tidak mungkin terbawa ke dalam susu. Selain itu, pemantauan selama 13 tahun terhadap anak-anak di Hong Kong tidak menemukan adanya hubungan antara minum susu dengan puber yang dipercepat.

Susu sapi menyebabkan diare/mencret-mencret

sakit+perut+anak

Untuk beberapa orang, susu sapi memang bisa menyebabkan mencret-mencret. Gejala ini disebt intoleransi laktosa, dan disebabkan karena tubuh tidak mampu mencerna laktosa (sejenis gula yang terdapat dalam susu)1. Berita baiknya, kamu bisa memilih yogurt untuk meraup manfaat kalsium tanpa dihantui mencret-mencret. Bakteri baik dalam yogurt mengubah laktosa hingga tidak menyebabkan mual dan diare seperti segelas susu.

Selain mengganti sumber kalsium, tubuh bisa dilatih untuk lebih toleran terhadap laktosa. Caranya adalah dengan minum susu encer pada awalnya, kemudian ditingkatkan kekentalannya secara bertahap.

Susu sapi justru menyebabkan osteoporosis karena mengasamkan darah

osteoporosis-treatment-guidelines-2013-697x401

Menurut mitos ini, pencernaan protein (termasuk protein susu) menghasilkan zat sampingan yang bisa mengasamkan darah, sehingga tubuh perlu memasok kalsium dari tulang untuk menetralkan keasaman darah. Walaupun kami tidak menemukan pembenaran atas teori asam-basa tersebut, penelitian yang dilakukan oleh USDA Human Nutrition Research menemukan bahwa,konsumsi protein yang tinggi justru berhubungan dengan massa tulang yang lebih kuat. Selain itu, pengamatan terhadap gadis remaja di Sheffield, Inggris, menemukan bahwa remaja yang mengonsumsi susu memiliki massa tulang yang lebih tinggi dibanding remaja yang tidak minum susu.

Jadi, setelah membaca post kami kali ini, tidak takut lagi minum susu kan?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

2 thoughts on “Mitos Fakta Seputar Susu

  1. permisi, boleh ya saya copy informasi ini 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s