We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos Fakta Datang Bulan

Leave a comment

foto:shutterstock

foto:shutterstock

 

 

 

 

 

Cowok mana yang nggak bingung ketika kekasihnya datang bulan dan “berubah kepribadian”? jangankan kaum pria, wanita pun sering bingung akan perubahan-perubahan yang terjadi selama datang bulan. Nah, kami kumpulkan beberapa mitos yang sering muncul terkait menstruasi dan coba bahas dengan pendekatan ilmiah. Siap?

Mitos 1: Cewek makan lebih banyak saat datang bulan

Banyak wanita mengeluh kalau selama datang bulan, mereka makan lebih banyak (atau merasa tubuh mereka makin melar). Dan, penelitian menunjukkan bahwa wanita rata-rata mengonsumsi 250 Kalori (setara dengan 1/2 slice Red Velvet) lebih banyak saat haid dibandingkan saat tidak haid. Perubahan hormon kewanitaan yang terjadi selama datang bulan tanpa sadar mempengaruhi wanita untuk makan lebih banyak.

Tips untuk kamu yang suka nyeri saat datang bulan, pilih makanan yang sehat seperti buah-buahan, ikan, telur, dan kurangi minuman beralkohol. Makanan-makanan tersebut, seperti ditemukan oleh penelitian di Italia, berhubungan dengan kurangnya rasa nyeri saat menstruasi.

Mitos 2: Tidak boleh mandi/keramas saat datang bulan

Tidak boleh mandi? Nanti bau, dong? Kami tidak menemukan efek negatif dari mandi atau keramas saat menstruasi kok. Bahkan, mandi atau keramas dengan air panas bisa memberi efek relaks dan mengurangi kram saat datang bulan.

Mitos 3: Menstruasi itu “menular” pada teman se-geng

Pernah merasa kalau, ketika kamu datang bulan, semua temanmu juga ikut-iktan datang bulan? Tenang, itu hanya mitos. Siklus bulanan wanita sifatnya spesifik dan tidak sama antar-individu. Selain itu, penelitian yang dilakukan di asrama putri di China tidak menunjukkan fenomena ini kok. Kalau hal ini sering sekali terjadi pada kamu dan teman-temanmu, berarti kalian memiliki siklus yang hampir mirip satu dan lainnya.

Mitos 4: (khusus untuk yang sudah menikah) bercinta saat datang bulan tidak akan “jebol”

Kalau kamu ingin menunda punya anak, sebaiknya jangan percaya dengan mitos yang satu ini. Kecuali kamu dan suami/istri-mu menggunakan metode kontrasepsi, peluang “punya anak” saat menstruasi sama besarnya dengan saat tidak menstruasi. Yang terpenting, lakukan setelah menikah dan play it safe juga.

Gambar dari sini.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s