We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Berapa Lingkar Pinggangmu?

2 Comments

foto: corbisimages

foto: corbisimages

 

 

 

 

Pernahkah kamu mengukur lingkar pinggangmu? Mungkin terakhir kali kamu mengukur lingkar pinggang adalah saat hendak menjahit jas/gaun ke penjahit langgananmu. Namun, lingkar pinggang lebih dari sekedar ukuran celana, lho. Penelitian dari University of Gothenburg, Swedia, menemukan bahwa pria berpinggang besar mengalami peningkatan risiko kematian hingga dua kali lipat dibandingkan pria berpinggang normal1.

Pinggang yang besar menandakan tingginya persentase lemak di perutmu. Dan, lemak yang satu ini berbahaya karena bisa menekan organ dalam tubuh seperti paru-paru, jantung, dan organ-organ pencernaan. Selain itu, lemak ini juga berbahaya karena mengeluarkan zat-zat penyebab penyakit metabolik dan kanker4. Karena itu, pertahankan lingkar pinggangmu agar tetap dalam ukuran normal, yakni maksimal 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita.

Bagaimana cara mencegah lingkar pinggang melebar? Kamu harus menyeimbangkan empat aspek berikut ini:

1. Hidup lebih aktif dan rajin berolahraga. Hindari duduk terlalu lama dalam sehari, dan perbanyak berjalan kaki, naik tangga, atau peregangan. Dan jangan lupakan olahraga, rekomendasi terbaru menganjurkan kita untuk berolahraga sekitar 150 jam perminggu.

2. Memilih makanan yang lebih sehat. Makanan kaya lemak jenuh seperti goreng-gorengan hanya akan menaikkan kadar kolesterol darah serta menumpuk lebih banyak di perut. Makanan yang sehat diantaranya pepes-pepesan, makanan yang dibakar atau dikukus, sayur-sayuran (mentah/masak tumis atau kukus), serta buah-buahan.

3. Tidur cukup setiap hari. Orang-orang yang tidur tujuh hingga delapan jam sehari menabung lebih sedikit lemak perut dibandingkan orang yang kurang tidur, lho. Pastikan juga jadwal tidurmu teratur setiap harinya. Oh ya, orang yang kurang tidur makan lebih banyak, lho.

4. Tangkal stres. Sebagian besar orang yang stres cenderung makan lebih banyak dan lebih tidak sehat. Jadi, selain bantu menenangkan pikiran, meditasi singkat di tengah-tengah hari bisa membuatmu makan lebih sehat.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

2 thoughts on “Berapa Lingkar Pinggangmu?

  1. Min, ko bisa deh orang yang kurang tidur malah nafsu makanya lebih besar dibandingkan dengan orang yang kualitas tidurnya baik ?
    oh ya min mau tanya dong. Gimana sih cara ngecilin lingkar pinggul yang besar yang banyak lemak ? terimakasih 🙂

    • berdasarkan studi, semakin orang2 kurang tidur bisa mengaktifkan hormon grelin yg membuat seseorang mudah lapar, jadi makannya banyak 🙂
      untuk mengecilkan lingkar pinggul dengan mengikis lemak jalan yg paling ampuh adalah olahraga kardio 🙂 (lari, cycling, aerobik, atau coba olahraga bela diri) 🙂 lakukan rutin dan bertahap biar tidak shock

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s