We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Tetap Fit di Musim Hujan

Leave a comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Musim hujan identik dengan batuk dan pilek, setuju? Tentu tidak, dong. Dengan memelihara kekebalan tubuh, kamu bisa tetap energik selagi orang di sekitarmu tumbang karena flu. Ingin tahu makanan apa saja yang bisa memelihara kekebalan tubuhmu? Simak di postingan kami kali ini.

1. Yogurt. Yup, produk olahan susu yang satu ini bisa memperkuat daya tahan tubuhmu. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Nutrition membahas kemampuan yogurt dalam meningkatkan sistem imun. Namun ini hanya berlaku untuk yogurt yang masih berisi bakteri hidup, ya. Jadi, coba cek label yogurt yang kau beli, apakah ada tulisan “live culture”-nya atau tidak.

2. Bawang putih. Walaupun bikin bau badanmu tak sedap, bawang putih punya berbagai zat aktif yang bikin tubuh kamu tetap fit, lho. Bawang putih juga bisa memerangi bakteri penyebab sakit perut. Tips: biarkan cacahan bawang putih selama 15 menit sebelum digunakan untuk mengaktifkan senyawa bekhasiat di dalamnnya.

3. Bayam. Masih malas makan bayam? Berarti kamu melewatkan sayuran dengan kandungan mineral beragam ini. Selain itu, kandungan folatnya memacu perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Tips: jangan masak bayam terlalu lama supaya kandungan nutrisinya tetap utuh.

4. Brokoli. Sayuran hijau ini bukan hanya enak dibuat tumisan, lho. Kandungan vitamin A dan C dalam brokoli cocok banget untuk menekan radikal bebas pembawa penyakit. Selain itu, zat kimia di dalam brokoli (sulphurophane) bisa mengaktifkan sel imunitas tubuh, membuatnya makin gencar memerangi kuman penyakit.

5. Semangka. Makan semangka di musim hujan? Kenapa nggak? Kandungan airnya yang banyak bisa merehidrasi sekaligus mengurangi dahak berlebih di tenggorokan. Selain itu, semangka kaya akan antioksidan lycopene dan glutathione untuk menangkal radikal bebas.

Jadi, tertarik mencoba bahan makanan di atas? Ingat, yang penting tetaplah mengonsumsi segala jenis makanan secara seimbang dan hindari makanan-makanan yang tidak sehat seperti goreng-gorengan. Salam sehat!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s