We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos Fakta Seputar AIDS

2 Comments

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Adakah kata yang lebih menyeramkan dari AIDS? Mendengar bunyinya saja sudah mengingatkan kita akan sesosok tubuh kurus kering yang terbaring sekarat di rumah sakit. Ya, penderita AIDS memang membutuhkan dukungan, namun seringkali mitos-mitos terkait “penularan HIV AIDS” membuat penderitanya—atau disebut ODHA—seringkali dijauhi oleh rekan dan kerabat. Karena itu, di Hari AIDS Sedunia ini, kami ingin berbagi mitos—dan faktanya—mengenai HIV/AIDS.

Mitos 1: Tertular HIV = terkena AIDS

Mitos, tweeps. Memang benar, HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. Namun, orang yang terjangkit HIV tidak serta-merta terkena AIDS, lho. Deteksi dini dan penanganan yang tepat (termasuk menggunakan obat-obat antiretroviral) bisa menunda datangnya AIDS.

Mitos 2: Bersalaman/Berpelukan/Memakai barang bekas ODHA bisa menularkan HIV

Lagi-lagi mitos. HIV menular dengan cara yang sangat spesifik, yakni lewat pertukaran cairan tubuh (darah atau semen). Sehingga, sentuhan kulit ataupun air liur tidak menyebabkan kamu tertular HIV. Karena itu, tidak ada alasan untuk menjaga jarak dengan teman ODHA-mu, ya.

Oh ya, ingat-ingat juga kalau HIV bisa menular melalui darah. Jadi hati-hati ketika mencari tempat tindik/tattoo, ya. Kami sih menyarankan nggak usah sekalian.

Mitos 3: Terkena HIV memendekkan umur

Belum tentu, tweeps! Terkait dengan mitos nomor satu, ODHA bisa kok punya umur panjang yang produktif. Kuncinya cuma dua: cepat dideteksi dan ditangani dengan tepat. Karena itu, jangan berhenti mendukung kerabat atau sahabatmu yang kebetulan ODHA, ya.

Mitos 4: HIV Identik dengan seks bebas dan obat terlarang

Percaya atau tidak, kebanyakan orang terinfeksi HIV dari hubungan seks dengan orang yang terinveksi HIV, lho. Selain itu, kebanyakan pecandu narkoba juga sering berbagi jarum suntik, sehingga meningkatkan risiko terjangkit HIV. So, satu-satunya cara adalah hidup sehat dan bertanggung jawab pada diri sendiri—juga orang lain. Setuju?

 

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

2 thoughts on “Mitos Fakta Seputar AIDS

  1. I cant understood this language ,i hope it contain some awareness about AIDS . World AIDS Day on 1 December brings together people from around the world to raise awareness about HIV/AIDS. It is good awareness work !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s