We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Hate Monday (No More)

Leave a comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

 

 

 

Hang out. Partying. Reuni dengan teman-teman. Lembur di kantor. Apapun alasannya, weekend seringkali dilewatkan dengan bergadang. Karena itulah, seringkali tampang-tampang kusut kurang tidur bermunculan di hari Senin, dan melahirkan semboyan I Hate Monday.

Walaupun pilihan yang paling sehat adalah menghindari bergadang, kadang-kadang tidur larut malam memang tak bisa dihindari. Karena itulah, kami ingin berbagi tips sederhana untuk tetap produktif setelah bergadang (disadur dari WebMD.com).

1. Kafein membantu, tapi jangan terlalu banyak. Batasi maksimal dua cangkir saja, karena lebih dari dua cangkir tidak akan membuat kamu makin awas. Dan, pilih yang plain (dengan sedikit gula, bila kamu nggak tahan pahitnya kopi) alih-alih minuman berkalori tinggi dengan susu dan whipped cream.

2. Batasi ngemil. Sering merasa lebih lapar setelah bergadang? Waktunya mengontrol diri sendiri. Makanan manis seperti permen atau kue-kue malah bikin kamu lebih mengantuk setelah efeknya hilang. Lebih baik pilih cemilan “jangka panjang” seperti roti gandum atau buah-buahan.

3. Set prioritas. Rasa kantuk pasti bikin kamu sulit berkonsentrasi. Karena itu, sadarilah kalau kinerjamu hari itu pasti lebih rendah dibanding hari biasa. Lebih baik menyelesaikan satu atau dua agenda ketimbang berusaha mengerjakan semuanya sekaligus dan keteteran. Dan, tak kalah penting, hati-hati saat menyetir!

4. Tidur siang (napping), tetapi jangan terlalu lama. Maksimal 25 menit, dan kamu mendapat energi cukup untuk empat jam ke depan. Lebih lama dari itu, dan kamu akan mengantuk sepanjang siang sekaligus sulit tidur nanti malam. Mau lebih oke? Minum kopimu sesaat sebelum tidur siang.

5. Hindari tidur terlalu lama. Setelah tadi malam tidur cuma tiga jam, kamu pasti tergoda untuk memanjangkan waktu tidur malam ini, kan? Kami anjurkan tidak, karena bisa mengacaukan siklus tidur harianmu.  Lebih baik pertahankan waktu tidurmu (termasuk jam tidur dan bangun), atau panjangkan maksimal dua jam.

Bahaya Social jetlag

Dewasa ini, semakin banyak orang mengalami social jetlag, yakni ketidaksesuaian rutinitas (jam makan, jam tidur, serta aktivitas) antara weekdays dan weekend. Dan, seperti dilaporkan oleh ScienceDaily.com, ahli kronobiologi dari LMU menyebutkan, social jet lag “meningkatkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi hingga kanker.” Ya, ini satu alasan lagi agar kamu tidak sering-sering bergadang.

Seperti yang kami tulis di awal, pilihan terbaik memang menghindari bergadang, tak peduli di weekdays maupun weekend. Namun, bila keadaan memaksa, kamu bisa tetap produktif dan tidak membenci hari Senin. Setuju?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s