We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Kafein: Benarkah Bermanfaat?

Leave a comment

Mengapa kamu minum kopi? Pasti karena ingin mendapat manfaat kafein. Tapi, apakah kafein bermanfaat? atau malah berbahaya? simak ulasannya dalam sesi mitos fakta kali ini.

Kafein hanya terkandung dalam kopi, mitos atau fakta?

Nama ”kafein” memang terdengar mirip dengan kopi. Dan memang, bila orang-orang—termasuk kamu—butuh kafein, minuman pertama yang terlintas di pikiran pastilah kopi. Namun ternyata, daun teh pun mengandung kafein; daun teh yang dikonsumsi di Inggris diperkirakan mengandung 24-32 mg kafein1. Selain itu, biji kakao dan minuman bersoda juga mengandung kafein2. Jadi, kalau kamu sensitif terhadap kafein, hindari mengonsumsi minuman-minuman di atas sebelum tidur, ya.

Ibu hamil sebaiknya menghindari kafein, mitos atau fakta?

Banyak beredar kabar yang menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi kafein. Kalau tidak, risiko keguguran atau berat bayi rendah akan dialami ibu dan bayinya. Namun, telaah lebih lanjut mengenai berbagai studi menyatakan, minum kopi atau minuman berkafein lainnya tidak berbahaya baik untuk bunda maupun buah hatinya. Asalkan, jumlah kopi atau teh yang dikonsumsi setiap harinya dibatasi menjadi satu sampai dua cangkir (setara dengan 200 mg kafein)3.

Kafein tingkatkan performa olahraga, mitos atau fakta?

Semua orang tahu, hal pertama yang dirasakan ketika minum kopi adalah perasaan “bangun” dan “segar”, sehingga kopi seringkali digunakan sebagai “doping” saat berolahraga. Dan kebanyakan penelitian menunjukkan, konsumsi kopi (apalagi sesaat sebelum berolahraga) dapat memperlama durasi olahraga atau membantu konsentrasi kamu saat berlaga di lapang futsal. Namun, efek ini hanya teramati di orang yang jarang minum kopi (bukan peminum reguler). Bila kamu ingin mengoptimalkan efek kopi saat bertanding, hindari minum kopi sekurang-kurangnya tujuh hari sebelumnya4.

Kafein sebabkan insomnia, mitos atau fakta?

Peraturan dasar yang harus diketahui semua peminum kopi: kafein diproses dalam tubuh selama lima sampai tujuh jam2. Artinya, bila kamu meminum kopi saat ini, kamu akan merasa alert dan bugar hingga tujuh jam kemudian. Tentunya ini tidak menjadi masalah jika kamu minum kopi di pagi hari; kafein akan membuatmu lebih segar di jam-jam produktifmu. Namun, jika kamu terbiasa minum kopi di malam hari, kamu akan membuat dirimu sulit tidur. Dan bila ini berlangsung terus, ya, kamu mungkin terkena insomnia.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s