We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Let’s Thwart the Silent Killer! [World Osteoporosis Day]

Leave a comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Osteoporosis mungkin bukan kata yang umum buat kamu. Namun, sebuah laporan yang ditulis oleh Asosiasi Osteoporosis Indonesia (PEROSI) menyebutkan, satu dari tiga pria dan wanita di Indonesia diduga menderita osteoporosis (prevalensi 28% dan 32%)1. Ya, osteoporosis ternyata lebih dekat dari yang kita kira.

Osteoporosis disebut sebagai silent killer. Mengapa? Karena penyakit yang satu ini tidak memiliki gejala apapun. Tiba-tiba saja, suatu hari, tulangmu patah dan sulit sembuh lagi2.

Scary? You bet. Tapi belum terlambat kok untuk menghambat datangnya osteoporosis. Karena itu, di Hari Osteoporosis Sedunia ini, kami sajikan tips-tips sederhana untuk memperkuat tulangmu.

1. Konsumsi cukup kalsium setiap harinya.

Tahukah kamu, kalsium juga dibutuhkan saat beraktivitas? Ya, ketika jumlah kalsium di darah tidak mencukupi, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang, membuatnya keropos dan mudah patah3. Tubuh membutuhkan cukup kalsium setiap harinya untuk mencegah tulang keropos. Departemen Kesehatan RI bahkan menganjurkan kamu untuk mencukupi 800 mg kalsium setiap harinya.

Makanan seperti apa yang tinggi kalsium? Susu dan berbagai olahannya, tentu saja. Selain itu, sayuran berwarna hijau gelap juga kaya kalsium, lho! Kamu bisa simak beberapa makanan tinggi kalsium yang kami sajikan di bawah ini (data diambil dari Food Database USDA):

Makanan Ukuran saji Kalsium (mg)
Susu Low Fat 1 cup 305
Yogurt 1 cup 296
Cheddar cheese 1 cup, diparut 815
Sarden kalengan 1 kaleng 888
Brokoli 1 cup 31
Pak-choi rebus 1 cup 158
Kol Rebus 1 cup 36
Kwaci panggang 1 cup 90
Bayam 1 cup 245
Tahu 1 cup 253

2. Olahraga teratur setiap minggunya.

Ternyata, kalsium saja tidak cukup untuk membuat tulangmu kuat.  Studi yang dilakukan di Swedia menemukan, pria-pria berumur 20an yang aktif bersepakbola, voli, atau berlatih beban serta olahraga “keras” lainnya memiliki tulang yang lebih keras dan antipatah dibandingkan pria-pria berumur serupa yang bergaya hidup lebih santai4. Selain itu, studi yang dilakukan pada ratusan pria dan wanita juga menemukan adanya hubungan antara kekerasan tulang dengan otot di sekelilingnya. Percaya atau tidak, semakin kuat otot di satu bagian tubuh, tulang di area itu akan lebih keras5.

Jadi, di Hari Osteoporosis Sedunia ini, yuk perbaiki kualitas hidup kita! Demi tulang yang lebih kuat, dan masa tua yang lebih menyenangkan. Setuju?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s