We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Sehat (dengan Makanan) Berserat

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

“..dibuat dari gandum utuh…” “…mengandung serat larut…” “…penting cukupi kebutuhan serat setiap hari…”

Sering dengar kalimat-kalimat di atas dalam iklan-iklan produk makanan? Atau bosan mendengar anjuran cukupi kebutuhan buah dan sayur setiap hari? Sebenarnya apa sih serat itu, dan apa gunanya bagi tubuh? Yuk simak ulasan kami dalam sesi #HealthQuiz bulan ini.

Serat (dietary fiber) sebenarnya mengacu pada bagian tumbuhan yang tak bisa dicerna oleh manusia1. Walaupun tidak bisa dicerna, serat memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Fungsi utama serat adalah memelihara kesehatan saluran pencernaan, juga mengoptimalkan penyerapan nutrisi (karena makanan dicerna dan diserap lebih lama)1. Tak hanya itu, serat juga membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit metabolik seperti penyakit jantung dan stroke2.

Saking pentingnya serat, Departemen Kesehatan RI menetapkan bahwa serat termasuk nutrisi yang harus dilengkapi setiap harinya. Kira-kira setara dengan konsumsi buah maksimal lima porsi dan sayur maksimal tiga porsi setiap harinya3. Nah, untuk membantu kamu memilih, kami sertakan daftar makanan serta kandungan serat di dalamnya1.

Buah-buahan Sayuran Serealia
Apel 1 buah 3,7 g Brokoli 1/2 cup 1,3 g Nasi merah 1 cup 3,5 g
Pisang 1 buah 2,8 g wortel 1/2 cup 1,8 g Nasi putih 1 cup 1,7 g
Jeruk 1 buah 3,1 g bayam 1/2 cup 2,2 g Roti gandum utuh 1 helai 1,9 g
Pir 1 buah 4 g kacang merah 1/2 cup 4,5 g Roti tawar biasa 1 helai 0,6 g
stroberi 1 cup 3,8 g Kol 1 cup 2,2 g oatmeal 3/4 cup 3 g
Kiwi 1 buah 2,2 g kentang 1/2 cup 1,6 g
Kismis 1 sendok 1 g

Bagaimana dengan produk-produk olahan yang—katanya—mengandung serat? Tentunya itu adalah pilihan yang lebih baik daripada produk2 lain yang tidak mengandung serat (misalkan pasta gandum utuh dibandingkan pasta biasa). Oh ya, pastikan produk olahan yang kamu pilih tidak mengandung tinggi gula serta lemak jenuh, ya!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s