We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos Fakta Kesehatan Gigi

Leave a comment

 

 

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Ingin punya gigi putih bersih seperti gambar kartun di atas? Sikat gigi secara teratur kuncinya. Tapi tahukah kamu, kesehatan gigi pun diselubungi mitos-mitos, lho. Kali ini kami coba bahas empat di antaranya.

Gigi susu yang tanggal harus dibuang ke arah yang berlawanan, mitos atau fakta?

Mitos! Gigi susu yang tanggal pasti akan digantikan oleh gigi dewasa, tidak peduli apakah gigi tersebut dibuang ke arah yang berlawanan atau tidak. Pastikan adik-adik atau keponakanmu merawat baik gigi susu maupun gigi permanennya dengan baik, ya. Karena, kebiasaan merawat gigi sejak kecil akan terbawa sampai dewasa.

Sakit pada gigi bisa menyebabkan penyakit jantung, mitos atau fakta?

Yang ini fakta. Hasil riset Scottish Health Survey menunjukkan, responden yang jarang menyikat gigi memiliki risiko 70% lebih tinggi terkena serangan jantung! Gara-garanya, peradangan pada gigi dan gusi (atau sakit gigi) dapat menjalar juga ke bagian tubuh yang lain. Tingginya komponen peradangan dalam tubuh menyebabkan terbentuk plak lebih banyak sehingga penyumbatan pembuluh darah menuju jantung lebih mungkin terjadi. Cara mencegahnya? Cukup sikat gigi teratur dua kali sehari.

Anak yang kegemukan biasanya giginya bolong. Mitos atau fakta?

Sedih, tapi benar. Satu dari tiga anak yang kegemukan memiliki gigi yang berlubang. Bisa tebak sebabnya? Ya, anak yang kegemukan cenderung ngemil lebih banyak. Selain itu, cemilan yang dimakan seringkali tinggi gula, sehingga kemungkinan giginya rusak lebih besar.

Teh dan kopi “menodai” gigi, mitos atau fakta?

Yang ini juga fakta. Teh dan kopi, serta minuman berwarna gelap lainnya, dapat meninggalkan noda pada gigi. Di sisi lain, teh justru dapat menguatkan gigi, lho! Teh mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak dalam mulut, seperti diulas dalam Journal of Nutrition. Selain itu, teh juga mengandung fluoride yang bisa memperkuat gigi.

Tips: Mengunyah buah dan sayur yang renyah seperti apel atau wortel bisa memutihkan gigi, lho! Buah dan sayur tersebut berfungsi sebagai scrub yang membersihkan permukaan gigi. Selain itu, mengunyah buah dan sayur (atau permen karet bebas gula) dapat merangsang produksi liur, yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s