We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Masih Mau Bergadang?

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Suka lembur ? Lebih baik dikurangi. Bukan mitos melainkan fakta, banyak bergadang bisa menyebabkan diabetes!

Mengapa?

Di malam hari, kadar hormon stres dalam tubuh seharsunya menurun. Namun, pada orang yang bergadang karena berbagai alasan (bekerja, menonton TV, atau lainnya), kadar hormon stres tersebut tidak menurun dan masih lebih tinggi dibanding seharusnya. Hal ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan, salah satunya memicu diabetes1.

Sering merasa lapar setelah kurang tidur? Kamu tidak sendiri. umumnya orang akan mengonsumsi lebih banyak kalori (350-500 kkal) setiap harinya, terutama dari konsumsi cemilan yang lebih banyak3. Padahal, orang yang hanya tidur 4 jam memiliki kecepatan penyerapan glukosa 40% lebih lambat, dan jumlah insulin yang dikeluarkan 30% lebih sedikit, dibandingkan orang yang tidur 8 jam.  Penurunan kecepatan penyerapan glukosa ini menyebabkan gula di dalam darah ada dalam jumlah tinggi lebih lama4. Tak hanya itu, semakin malam toleransi glukosa dalam darah menjadi kurang baik, sehingga makanan yang tinggi gula seperti kue, biskuit, atau sirup sebaiknya dihindari2.

Tips-tips:

  1. Jangan lupa set waktu tidur secara rutin. Selain risiko obesitas dan diabetes lebih kecil, studi menunjukkan tidur dan bangun pada jadwal yang sama setiap hari meningkatkan kewaspadaan di pagi dan siang hari dan tidur malam yang lebih efisien, kita juga jadi tidak kesulitan tidur5.
  2. Biasakan waktu makan yang rutin dan tidak terlalu malam. Orang yang sering makan pada malam hari cenderung mengalami peningkatan berat badan yang lebih besar6.
  3. Hindari konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat di malam hari.
  4. Konsumsi cukup karbohidrat di pagi hari supaya memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas5.
Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s