We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Minum Apa Sehabis Makan?

Leave a comment

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Minum sehabis makan pasti sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Tapi tahukah kamu, minuman yang diminum sesudah makan berperan lebih dari sekedar penghilang haus?

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Advances in Nutrition mencoba menguji apakah minuman manis setelah makan memiliki “efek menggemukkan” lebih tinggi dibandingkan air putih biasa. Mereka memberikan paket sarapan kepada pria dan wanita, anak-anak dan dewasa dengan total peserta 17 orang. Sebagian dari mereka diberikan segelas minuman manis, sementara sebagian lainnya mendapat air putih.

Kamu bisa tebak? Ya, penambahan minuman manis menaikkan total kalori makan siang tersebut hingga 900 kalori, hampir 60% dari total kalori paket sarapan tersebut. Namun, berita buruknya bukan cuma itu. Ketika dites, ternyata tingkat pembakaran lemak dalam tubuh menurun hingga 30% pada peserta yang minum minuman manis dibandingkan dengan peserta yang minum air putih, dan efek tersebut bertahan hingga dua jam setelahnya. Kandungan gula dalam minuman manis tersebut meningkatkan kadar insulin dalam darah, dan keberadaan insulin menurunkan tingkat pembakaran lemak dalam tubuh.

Sebagai bonus, kami cantumkan juga beberapa minuman manis dengan kadar gula di dalamnya.

Jenis Minuman Takaran saji Kandungan gula (g)
Minuman soda/karbonasi 330 mL (1 kaleng) 40-50
Jus buah siap minum 200 mL (1 kotak) 20-30
Teh kemasan 200 mL (1 kotak) 17-35
Minuman olahraga 500 mL (1 botol) 20-30
Batas ideal konsumsi gula perhari (3-4 sdm gula pasir) 25

Moral of the story, apapun makanannya, minumnya lebih baik air putih saja. Dan juga, jangan lupa mengecek label nutrisi makanan sebelum mengonsumsi. Makan dan minum sehat untuk tubuh lebih sehat. Setuju?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s