We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

#HealthQuiz Gula-Gula!

6 Comments

foto: corbisimages

foto: corbisimages

Siapa nggak suka manis? Kayaknya jarang ada orang yang tidak suka manis. Namun, rasa manis tersebut tak hanya terasa di lidah tapi bisa meninggalkan “jejak” di tubuh. Kami coba menguak fakta di balik si manis-manis ini.

Batas maksimum konsumsi gula perhari adalah (a) 3 atau (b) 6 sendok teh?

Kejutan! Departemen Kesehatan RI menyarankan, batas atas konsumsi gula yang aman adalah 6 sendok teh, atau sekitar 25 gram gula pasir. Konsumsi gula lebih dari ini, dan risiko diabetes serta kegemukan akan meningkat, karena kelebihan gula akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Nah, berapa sendok gula yang kamu gunakan saat memaniskan teh/kopi? Belum lagi gula-gula yang tersembunyi di cake, biskuit, atau minuman manis yang banyak di pasaran.

Gula merah, gula batu, dll dkk lebih sehat dari gula putih, benar atau salah?

Banyak yang bilang kalau gula merah, gula batu, atau madu lebih baik daripada gula pasir. Kenyataannya? Semua jenis gula yang dibilang “lebih baik” itu ternyata mengandung kalori yang hampir serupa, sehingga tetap saja berbahaya bila dikonsumsi berlebihan. Berikut adalah kalori dari beberapa jenis gula:

Jenis gula

Kalori (kkal) per 1 sendok teh

Gula pasir7

16

Gula batu5

25

Gula coklat2,6

15

Gula halus4

10

Icing sugar4

10

Gula palma/gula jawa3

10

Berapa banyak gula yang terkandung di makanan olahan seperti biskuit?

Jawabnnya? Tergantung jenis makanannya, karena perbedaan bahan baku serta pembuatannya bisa menyebabkan zat gizi tiap makanan berbeda-beda. Untuk itulah ada label nutrisi; kamu bisa cek seberapa banyak gula di dalam satu sajian produk tersebut, seperti pada gambar di bawah ini:

Misalnya, dengan makan satu sajian saja makanan ini, berarti kamu sudah makan 18 g gula, hampir memenuhi batas aman konsumsi gula harian. Karena itu, yuk lebih perhatikan makanan yang kita makan.

Mungkinkah orang terkena diabetes bila terlalu banyak makan gula?

Sayang sekali jawabannya ya; tidak perlu punya riwayat diabetes untuk terkena diabetes, meskipun memang orang yang punya riwayat diabetes berisiko lebih besar terkena diabetes. Diabetes tipe II adalah salah satu jenis penyakit karena berkurangnya sensitivitas sel tubuh terhadap insulin, yang dapat disebabkan karena konsumsi kalori, termasuk dari gula, secara berlebihan.

referensi:

  1. Food-Info, an Initiative of Wageningen University. 2011. Types of sugar and related products. http://www.food-info.net/id/products/sugar/types.htm [2 Maret 2011]
  2. Duyff RL. 2006. American Dietetic Association Complete Food and Nutrition Guide 3rd John Wiley & Sons, Inc, New Jersey.
  3. Navitas Naturals. 2008. Nutrition Information – Palm Sugar. http://www.navitasnaturals.com/products/palm/palm-sugar.html [4 Maret 2011]
  4. com. Powdered Sugar Calories. http://www.livestrong.com/article/307456-powdered-sugar-calories/ [4 Maret 2011]
  5. com. 2010. Calories in Rock Sugar. http://www.livestrong.com/article/317670-calories-in-rock-sugar/ [4 Maret 2011]
  6. com. 2008. 1 Teaspoon Brown Sugar. http://www.livestrong.com/thedailyplate/nutrition-calories/food/generic/1-teaspoon-brown-sugar/ [4 Maret 2011]
  7. S. Department of Agriculture, Agricultural Research Service. 2010. USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 23. Nutrient Data Laboratory Home Page, http://www.ars.usda.gov/ba/bhnrc/ndl
Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

6 thoughts on “#HealthQuiz Gula-Gula!

  1. thx for the info x) gmn klo dkasi gambar bentuk2 gula batu, brown sugar, gula pasir, gula halus dsb, jd yg awam bisa ngerti x) thx

  2. Apakah benar ada saran semacam itu dari Kementerian Kesehatan? Barusan Googling tapi nggak nemu. Kalau boleh saya minta sumbernya, karena mau saya sebarkan informasinya buat orang terdekat.
    Thanks

    • Dalam buku Pedoman Umum Gizi Seimbang yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan RI, ditulis asupan gula pasir sebaiknya tidak melebihi 5% kebutuhan energi harian.

      Dengan asumsi kebutuhan energi harian adalah 2000 Kalori perhari, asupan energi dari gula haruslah sejumlah 100 Kal, atau setara dengan 25 gram gula pasir. Untuk memudahkan, 25 gram gula pasir kira2 setara dengan 6 sendok teh.

      Semoga menjawab dan terima kasih sudah berkunjung.

  3. sumber data kalorinya darimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s