We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Meraih Tubuh Ideal? Awas Tersesat!

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

 

 

 

Memiliki berat badan ideal adalah salah satu modal hidup sehat dan aktif. Nah, dalam perjuangan meraih berat badan ideal, seringkali ada mitos-mitos yang membingungkan. Yuk simak beberapa di antaranya.

Berhenti gym bikin otot berubah menjadi lemak, mitos atau fakta?

Mitos. Otot dan lemak adalah dua sel yang berbeda dalam tubuh, dan sel otot tidak mungkin berubah menjadi lemak. Skenario yang mungkin adalah: ketika rutinitas nge-gym terhenti, sel-sel otot yang tidak dilatih akan menyusut/menciut. Selain itu, saat aktif nge-gym, biasanya nafsu makan meningkat untuk kompensasi energi yang terbuang saat gym. Sekarang, ketika asupan energi tetap tinggi tetapi tidak ada sarana untuk membakar kelebihan energi tersebut, hasil akhirnya adalah kelebihan lemak.

Mau kurus? Sauna aja, nggak usah olahraga. Mitos atau fakta?

Mitos. Berat badan kamu mungkin turun sehabis sauna, namun penurunan berat badan itu berasal dari pengurangan “air” dan bukan “lemak”. Keringat selama bersauna-lah yang menyebabkan berat badanmu susut; berat badanmu akan kembali normal setelah minum air. Olahraga kardio masih menjadi cara terbaik menurunkan lemak—dan berat badan—dalam tubuh.

Tapi, bukan berarti bersauna itu nggak baik, lho. Sauna ternyata mampu melancarkan peredaran darah. Dan untuk para cewek, sauna bisa menjaga kecantikan kulit dengan membantu membersihkan kotoran pada pori-pori kulit.

Tidur kurang bikin gemuk, mitos atau fakta?

Kalau yang ini sih fakta. Pernah merasa nafsu makan meningkat setelah kurang tidur? Hal itu lumrah terjadi. Kurangnya tidur mengaktifkan salah satu bagian tubuh yang bertanggung jawab akan rasa lapar, sehingga kamu akan merasa lebih lapar dan kalap makan. Nah sekarang bayangkan bila kejadian ini sering terjadi, tentu kamu akan makan lebih banyak dan—akhirnya—menimbun lemak lebih banyak. Karena itu, yuk tidur cukup setiap hari, sekitar 7-8 jam.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s