We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos atau Fakta yang Dingin-Dingin

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: corbisimages

Kalau lagi panas-panasnya, air es memang minuman yang paling cocok dan menyegarkan. Setuju? Nah, tahukah kamu, ada isu-isu yang bilang kalau minum es nggak boleh sembarangan? Blog Nutrisi mencoba membahas beberapa di antaranya, cekidot 🙂

Minum air es bikin gemuk, mitos atau fakta?

Ini mitos. Makan air es (air bening yang dingin atau ditambah es batu) tidak akan membuat gemuk. Bahkan, tubuh akan membakar simpanan lemak tubuh untuk menghangatkan air dingin (ini disebut efek termogenesis) sehingga sesuai dengan suhu tubuhmu. Tapi ingat, selain efek termogenesis ini tidak terlalu signifikan, ini hanya berlaku untuk air; minuman bersoda atau milkshake dingin tentu bisa bikin kamu gemuk.

Minum air es bikin menstruasi nggak lancar karena membekukan dinding rahim, mitos atau fakta?

Ini juga mitos. Air dingin yang masuk ke dalam tubuh akan dihangatkan sehingga sesuai dengan suhu tubuh, dan tidak mungkin tetap dalam keadaan dingin. Selain itu, jarak antara lambung dan rahim juga cukup jauh sehingga tidak mungkin air dingin dalam lambung bisa “membekukan-kembali” dinding rahim. Walaupun begitu, ambang batas rasa sakit wanita yang sedang datang bulan memang lebih rendah, sehingga lebih mudah merasa sakit, terutama ketika minum air dingin.

Makan es krim bikin batuk, mitos atau fakta?

Percaya atau tidak, es loli bahkan dijadikan pertolongan pertama untuk meredakan pilek dan flu pada anak-anak karena kaya cairan dan vitamin (khusus untuk es loli dari jus buah asli). Tapi tentunya, terlalu banyak makan es loli (yang adalah makanan olahan sehingga zat gizinya tidak lengkap) daripada buah-buahan segar bisa bikin daya tahan tubuh menurun dan bikin kamu gampang sakit.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s