We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Mitos atau Fakta? Seri Makanan 1

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Sering mendengar kabar burung tentang makanan? Anda tidak sendiri. Kali ini, Blog Nutrisi akan membahas keabsahan dari kabar-kabar burung yang (terkadang) menyesatkan tersebut.

 

Sayur bayam tidak boleh dipanaskan berkali-kali, mitos apa fakta?

 

foto: gambartumbuhan.info

foto: gambartumbuhan.info

 

Ini mitos yang sangat populer. Banyak yang bilang, sayur bayam yang dipanaskan akan membentuk racun dalam tubuh. Ternyata, sayur bayam yang beracun setelah dipanaskan berkali-kali hanyalah mitos belaka. Tidak ada komponen beracun pada sayur bayam, baik yang dipanaskan sekali maupun berkali-kali. Walaupun begitu, tidak disarankan memanaskan sayur bayam berkali-kali karena kadar nutrisinya, terutama vitamin, sudah jauh berkurang.

Mie Instan mengandung lilin, mitos atau fakta?

foto: shutterstock

foto: shutterstock

 

Satu lagi mitos populer, keruhnya air pada rebusan mie instan dipandang akibat “lilin”. Sayangnya, lagi-lagi ini hanya sekedar mitos, karena mie instan tidak mengandung lilin maupun zat-zat sintetis. Salah satu proses pengawetan mie instan adalah menggorengnya pada suhu tinggi (deep frying); keruhnya air rebusan mie instan diakibatkan oleh minyak hasil penggorengan tersebut.

Makan coklat/permen bikin batuk, mitos atau fakta?

 

foto: shutterstock

foto: shutterstock

 

 

Seberapa sering ibu kita tidak mengizinkan kita makan coklat atau permen karena alasan ini? Benarkah? Lagi-lagi, tidak ada penelitian yang membuktikan hubungan langsung antara makan coklat atau permen dengan batuk. Batuk adalah reaksi fisiologis tubuh untuk mengeluarkan benda asing, atau ketika terjadi iritasi di tenggorokan. Namun tentunya, terlalu banyak makan permen dan coklat serta kurang konsumsi buah dan sayur bisa mengakibatkan daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang flu.

 

 

 

 

Mau tahu lebih banyak? Tunggu hasil investigasi Blog Nutrisi berikutnya. Ciao!

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s